Perencanaan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen Dengan Metode QFD Di Toga Vitan Batu

PondaWisnuPribadi (2009) Perencanaan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen Dengan Metode QFD Di Toga Vitan Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perencanaan strategi adalah penentuan kebijakan perusahaan untuk mencapai tujuan, dan kualitas pelayanan adalah indikator kinerja perusahaan untuk memenuhi kepuasan konsumen. Toga Vitan memproduksi jamu kesehatan dan berada di kota Batu, Jawa Timur. Toga Vitan tidak mampu bersaing dari segi promosi dengan pesaingnya, dan ingin meningkatkan kualitas pelayanan konsumen. Toga Vitan perlu membuat suatu perencanaan strategi yang sesuai dengan keinginan konsumen. Proses analisa dan perencanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui atribut pelayanan yang kurang, dan perencanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian dilakukan di Pabrik dan outlet Toga Vitan, Jl Lahor No. 7, Batu. Data dikumpulkan dari konsumen yang membeli jamu pada tanggal 13 Oktober 2008 sampai 11 November 2008. Hasil penelitian menunjukkan Toga Vitan mempunyai kekurangan pada penetapan harga, penyediaan macam ukuran kemasan, keramahan, kecepatan pelayanan, kejelasan informasi, penampilan karyawan, kemudahan dalam menjangkau toko, dan kenyamanan kepada konsumen selama pembelian. Perencanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan konsumen yang diusulkan adalah membuat jadwal kerja yang jelas untuk karyawan, media informasi (poster, pamflet, brosur), menyediakan produk dalam kemasan kecil (sekali minum), membuka dan bekerja sama dengan pihak lain untuk menambah jumlah outlet .

English Abstract

A strategic planning determining of a company achieves of its objective, and service quality is a performance indicator to meet consumers’s satisfaction. Toga Vitan produces medicine herbs and that is placed on Batu, East Java. It cannot compete with its competitor in promotion, and wants to improve the service quality. This factory requires a strategic planning that satisfied consumers’s needs. The strategic planning of service quality improvement will be done with Quality Function Deployment method. The aims of this research are to know the less of services and strategic planning of service quality improvement. This research was done at factory and Toga Vitan’s outlet, Jl. Lahor No.7 Batu. Data had collected for October 13 th 2008 until Novmber 11th 2008 from consumers who bought medicine herb. The results of this research show it has poor of pricing, variety of size packages, friendly, service time, information, employees’s performance, location accessibility, and comfort. The strategic planning proposing at this factory are scheduling of employees, information media (poster, pamphlet, brochure), providing small product package, opening and cooperating with the other to build new outlet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/67/050901124
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 20 Apr 2009 08:56
Last Modified: 21 Oct 2021 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148332
[thumbnail of 050901124.pdf]
Preview
Text
050901124.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item