Pengendalian Kualitas Proses Redrying dengan Pendekatan Metode Six Sigma : studi kasus di Koperasi Karyawan Redrying Bojonegoro

FarihatinRatnasari (2009) Pengendalian Kualitas Proses Redrying dengan Pendekatan Metode Six Sigma : studi kasus di Koperasi Karyawan Redrying Bojonegoro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tembakau merupakan salah satu bahan baku yang digunakan dalam pembuatan rokok melalui proses pengolahan tembakau. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan tembakau adalah Koperasi Karyawan Redrying Bojonegoro (KAREB). Berdasarkan informasi yang diperoleh, cacat produk yang sering ditemui adalah kadar air tembakau kering atau moisture content (MC) pada proses redrying . Prosentase cacat MC proses redrying ini sekitar 50% dari keseluruhan tembakau yang diproses setiap harinya. Oleh karena itu, salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi banyaknya cacat produk adalah dengan pendekatan metode six sigma . Pendekatan metode six sigma ini digunakan untuk mengukur kemampuan proses redrying serta menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya cacat MC tembakau kering di Koperasi KAREB. Hasil dari penelitian ini yaitu pada tahap pendefinisian masalah diperoleh data cacat MC tembakau kering sebesar 50% dan diketahui bahwa proses yang menyebabkan cacat MC adalah proses redrying . Pada tahap pengukuran diketahui kapabilitas proses redrying berada pada tahapan proses tidak memuaskan dan nilai DPMO yang diperoleh sebesar 490.020. Pada tahap analisis diketahui bahwa kapabilitas proses redrying memiliki kontrol yang baik tetapi teknologi yang digunakan masih buruk dengan nilai sigma sebesar 1,50 sigma . Faktor-faktor yang mempengaruhi cacat MC adalah tidak ada SOP pengujian MC setelah proses redrying , pencampuran grade tembakau yang diproses, kurangnya perawatan mesin lamina dryer, dan faktor human eror pada operator lamina dryer . Rekomendasi yang dapat diberikan adalah pembuatan SOP pada proses redrying , bahan baku tembakau yang diproses sebaiknya dibedakan berdasarkan grade nya, dan penanganan faktor human eror pada operator lamina dryer .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/30/050900352
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2009 11:06
Last Modified: 21 Oct 2021 13:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148292
[thumbnail of 050900352.pdf]
Preview
Text
050900352.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item