Uji Karakteristik Kendi dengan Komposisi Bahan Dasar Lumpur Lapindo, Serbuk Gergaji, dan Pasir untuk Sistem Irigasi Kendi

SyaefullohAchmad (2009) Uji Karakteristik Kendi dengan Komposisi Bahan Dasar Lumpur Lapindo, Serbuk Gergaji, dan Pasir untuk Sistem Irigasi Kendi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lahan kering mempunyai potensi besar untuk pengembangan pertanian baik tanaman pangan, hortikultura maupun tanaman tahunan/perkebunan. Pengembangan berbagai komoditas pertanian di lahan kering merupakan salah satu pilihan strategis untuk meningkatkan produksi dan mendukung ketahanan pangan nasional. Salah satu kendala budidaya tanaman di daerah lahan kering adalah terbatasnya air untuk tanaman sepanjang waktu, baik dalam jumlah maupun dalam kemerataanya. Namun, kondisi sumberdaya air pada sebagian besar daerah di Indonesia telah memasuki pada tingkat waspada sampai tingkat kritis, sedangkan kebutuhan air dibidang pertanian dan bidang lainya terus meningkat. Pemerintah telah berupaya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh para petani khususnya petani yang berada di daerah kering, salah satu usaha yang dirintis yaitu penerapan sistem irigasi kendi. Sistem irigasi kendi adalah sistem pemberian air irigasi yang diberikan langsung pada zona perakaran tanaman dan rembesan airnya dipengaruhi oleh karakteristik fisik kendi dan karakteristik fisik tanah disekitar kendi. Lumpur Lapindo yang menjadi bencana bagi sebagian masyarakat Sidoarjo ternyata memiliki karakteristik yang cocok sebagai bahan baku kendi. Oleh karena itu, pada penelitian kali ini akan dikaji secara detail tentang uji karakteristik kendi dengan komposisi bahan dasar lumpur Lapindo, serbuk gergaji, dan pasir untuk sistem irigasi kendi. Dimana dari penelitian ini nantinya diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam hal pemanfaatan lumpur Lapindo yang selama ini cenderung meresahkan masyarakat menjadi suatu hal yang bermanfaat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : mengetahui spesifikasi kendi yang paling baik dan tepat untuk sistem irigasi kendi yang meliputi kombinasi campuran bahan dasar pembuat kendi (lumpur Lapindo, serbuk gergaji, dan pasir), ketebalan dinding kendi, dan nilai Konduktivitas Hidrolik Jenuh Kendi (Kkendi). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Juli 2009 Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya dan Pembuatan Gerabah di Jl. Mayjend Panjaitan, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Tahapan penelitan yang dilakukan meliputi : 1) Pembuatan kendi, 2) pengambilan data suhu pembakaran kendi, 3) pengukuran penyusutan kendi secara vertikal dan horizontal, 4) Pengukuran nilai Kkendi dengan metode tinggi permukaan air tetap, 5) Analisis data menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan Uji Duncan (α = 0,05). Perlakuannya meliputi : 1) Persentase komposisi bahan dasar pembuat kendi (85% lumpur Lapindo, 7,5% serbuk gergaji, 7,5% pasir) dan(70%lumpur Lapindo, 15% serbuk gergaji, 15% pasir), 2) Ketebalan dinding kendi 0,75 cm dan 1,0 cm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/251/050903537
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2009 11:01
Last Modified: 21 Oct 2021 12:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148255
[thumbnail of 050903537.pdf]
Preview
Text
050903537.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item