Pembuatan Susu Kuda Sumbawa Bubuk dengan Menggunakan Pengering Semprot (Spray Dryer) : kajian Pengaruh Jenis dan Konsentrasi Bahan Pengisi Terhadap Sifat Fisiko Kimia dan Organoleptik

ChristianaDwiKartikasari (2009) Pembuatan Susu Kuda Sumbawa Bubuk dengan Menggunakan Pengering Semprot (Spray Dryer) : kajian Pengaruh Jenis dan Konsentrasi Bahan Pengisi Terhadap Sifat Fisiko Kimia dan Organoleptik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Susu kuda liar merupakan susu yang dipromosikan sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Dari pengamatan di lapangan, susu kuda Sumbawa ini mempunyai kelebihan dibanding dengan susu yang lain yaitu tidak mudah mengalami kerusakan, karena mampu bertahan kurang lebih sekitar 3 bulan melainkan hanya mengalami fermentasi alami. Namun kekurangan dari susu kuda Sumbawa ini adalah bentuknya yang cair sehingga sulit dalam distribusinya maka perlu pengolahan lebih lanjut agar pola distribusi lebih efisien. Salah satu metode pengolahan tersebut adalah dengan cara pengeringan menjadi susu kuda Sumbawa bubuk. Pengolahan susu cair menjadi bentuk bubuk telah dilakukan oleh industri menggunakan teknologi spray dryer (pengering semprot) karena memiliki beberapa kelebihan antara lain ekonomis, fleksibel, dan mudah digunakan. Pembuatan susu kuda Sumbawa bubuk dengan penambahan konsentrasi bahan pengisi yang cocok masih belum dilakukan. Oleh karena itu perlu diteliti mengenai penggunaan jenis dan konsentrasi bahan pengisi yang tepat untuk pembuatan susu kuda Sumbawa bubuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan produk susu kuda Sumbawa bubuk dengan menggunakan metode spray dryer. Rancangan percobaan yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor I adalah konsentrasi penambahan bahan pengisi yang digunakan terdiri dari 3 level (5%, 10%, 15%). Sedangkan faktor II adalah jenis bahan pengisi yang terdiri dari 2 level (dekstrin dan maltodekstrin). Data hasil pengamatan dianalisa dengan menggunakan ANOVA metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dan diolah dengan program Microsoft Excel. Apabila dari hasil uji menunjukkan adanya pengaruh maka diuji dengan BNT 1% dan 5% dan apabila ada interaksi maka dilakukan uji lanjut dengan Duncan Mutiple Range Test (DMRT) 1% dan 5%. Penentuan perlakuan terbaik menggunakan metode Indeks Efektifitas (de Garmo et.al., 1984). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penambahan jenis bahan pengisi yang digunakan berpengaruh nyata terhadap kadar laktosa, total mikroba, L*, a*, kelarutan, dan total asam. Dan konsentrasi bahan pengisi yang berbeda berpengaruh terhadap kadar air, rendemen, kadar protein, kadar lemak, kadar laktosa, L*, a*, kelarutan, total asam dan pH. Pada perlakuan panambahan jenis bahan pengisi dan konsentrasi bahan pengisi yang digunakan, yang merupakan perlakuan terbaik ditinjau dari parameter organoleptik adalah D3M1 perlakuan tersebut memiliki nilai kadar air 8,19%, kadar protein 3,98%, kadar lemak 5,31%, kadar laktosa 3,53%, warna (L*=75,40, a*=9,07, b*= 13,30), rendemen 7,70%, daya serap uap air 0,10, kelarutan 98,13, total asam 16,64, pH 2,99, TPT 5%Brix, dan total mikroba 6,30+06. Sedangkan uji organoleptiknya, kenampakan serbuk 5,2 (agak menyukai), kenampakan minuman 3,85 (netral), aroma minuman 6,4 (menyukai), dan rasa minuman 5,95 (menyukai)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/200/050902507
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2009 10:35
Last Modified: 21 Oct 2021 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148201
[thumbnail of 050902507.pdf]
Preview
Text
050902507.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item