Pengelompokan Pelanggan Dji Sam Soe berdasarkan Tingkat Ekuitas Merek

AudityaBisma (2009) Pengelompokan Pelanggan Dji Sam Soe berdasarkan Tingkat Ekuitas Merek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar rokok merupakan pasar yang ketat ( red ocean ) karena banyaknya pemain di dalamnya. Soemiran dalam Manurung (2008) menyatakan bahwa produksi rokok nasional tahun 2008 ini diperkirakan sebanyak 230 miliar batang dengan 93% adalah rokok kretek. Dji Sam Soe adalah salah satu merek rokok kretek yang terkenal di Indonesia. Sejak tahun 1913, Dji Sam Soe mampu mempertahankan kualitas dan ciri khasnya. Oleh sebab itu, angka penjualan Dji Sam Soe tetap tinggi meskipun harganya relatif tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelompokan pelanggan Dji Sam Soe berdasarkan demografis dan persepsi terhadap ekuitas merek serta mengetahui karakteristik pelanggan Dji Sam Soe. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen PT. HM. Sampoerna untuk mengembangkan pasar Dji Sam Soe serta memberikan wawasan tentang strategi pengembangan merek terhadap unit-unit usaha kecil menengah, terutama yang bergerak di bidang agroindustri untuk mengembangkan mereknya. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus-September 2008 di Kota Surabaya. Metode yang digunakan adalah Fuzzy C-Means dengan instrumen kuesioner yang memuat variabel-variabel ekuitas merek, seperti Kesadaran terhadap merek, kualitas yang diterima, Asosiasi terhadap merek, Loyalitas terhadap merek dan Aset merek lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 3 kelompok pelanggan Dji Sam Soe yang memiliki karaktersistik sebagai berikut: Cluster 1 ditempati pelanggan dengan Usia 31-40 tahun, pendapatan kurang dari 1juta, pekerjaan tidak tetap, tingkat pengenalan merek sedang, perpindahan merek tinggi. Cluster 2 ditempati pelanggan dengan usia 18 – 23 tahun, pendapatan kurang dari 1 juta, pekerjaan swasta dan perpindahan merek sedang. Cluster 3 ditempati pelanggan berusia 31-40 tahun, pendidikan Perguruan Tinggi, pendapatan diatas 2 juta, pekerjaan swasta, dan tingkat fitur, pelayanan, kehandalan sangat tinggi. Implikasi hasil penelitian terhadap pemasaran Dji Sam Soe menghasilkan 2 alternatif strategi. Alternatif pertama, Dji Sam Soe melayani keinginan atau tuntutan tiap cluster. Cluster 1 dan cluster 2, yang didominasi pelanggan dengan pendapatan rendah (>500.000 – 1.000.000) menginginkan Dji Sam Soe memiliki kualitas yang tetap baik, tetapi dengan harga yang lebih rendah. Alternatif kedua, Dji Sam Soe fokus pada 1 cluster saja. Cluster 3, yang memiliki anggota terbanyak memang mencirikan pelanggan Dji Sam Soe yang mengutamakan kenikmatan dalam merokok. Oleh sebab itu, Dji Sam Soe sebenarnya cukup mempertahankan keunggulan-keunggulan yang dimiliki saja untuk mempertahankan pelanggan utamanya ini. Meskipun pangsa pasar tidak terlalu besar, tetapi penguasaan ceruknya begitu dalam sehingga pelanggan yang setia sulit untuk berpindah ke merek lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2009/2/050900246
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2009 08:41
Last Modified: 21 Oct 2021 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148199
[thumbnail of 050900246.pdf]
Preview
Text
050900246.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item