NinaEkaJayanti (2009) Penerapan Metode QFD (Quality Function Deployment) Dalam Penilaian Kualitas Steak : studi kasus di Gama Resto, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
“Gama Resto” merupakan salah satu warung makan yang menyediakan berbagai macam produk olahan ayam seperti ayam goreng tepung, ayam bakar, steak, dan ayam kremes. Salah satu produk andalan di “Gama Resto” yaitu steak. Mengingat persaingan semakin ketat membuat pihak “Gama Resto” harus meningkatkan kualitas produknya untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan para pelanggannya. Guna untuk memperoleh tingkat kepercayaan dan penilaian kualitas steak yang baik dari pelanggan jika dibandingkan dengan pesaingnya di Kota Malang yaitu “Waroeng Steak n Shake” dan “Kampoeng Steak”. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan atribut harapan pelanggan berdasarkan urutan prioritas dalam penilaian kualitas steak di “Gama Resto” Malang dan mendapatkan persepsi penilaian pelanggan terhadap kualitas steak di “Gama Resto” jika dibandingkan pesaingnya “Waroeng Steak n Shake” dan “Kampoeng Steak” Malang, dengan menggunakan metode QFD. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1-7 April 2009 di “Gama Resto” Jl. Kalpataru No. 24, Malang. Instrumen yang digunakan dalam metode ini yaitu kuesioner yang disebarkan kepada 56 responden. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penilaian kualitas produk ini dengan menggunakan metode QFD, karena dapat menyatukan antara kepentingan produsen dan kebutuhan pelanggan agar produk yang dihasilkan dapat memuaskan kedua belah pihak. Pada hasil penelitian didapatkan atribut harapan pelanggan (whats ) sebanyak delapan (8) atribut. Dengan skala penilaian 1-5, maka urutan prioritasnya yaitu : rasa steak (4,54), kebersihan steak (4,5), keempukan tekstur daging/ayam (4,41), kematangan tekstur daging/ayam (4,39), aroma steak (4,25), warna steak (3,89), keutuhan steak (3,73), dan tampilan steak (3,48). Untuk penilaian kualitas steak di “Gama Resto” lebih rendah dibanding pesaingnya yaitu “Waroeng Steak n Shake” dan “Kampoeng Steak”. Pelanggan merasa kualitas produk yang diberikan belum sesuai dengan apa yang diharapkan. “Gama Resto” mendapatkan penilaian kualitas produk sebagai berikut : keempukan tekstur daging (3,15), kematangan tekstur daging (3,69), rasa steak (3,38), keutuhan steak (3,43), tampilan steak (3,73), warna steak (3,54) dan aroma steak (3,5), dengan skala penilaian 1-5.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2009/154/050902129 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 07 Aug 2009 09:04 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148151 |
Preview |
Text
050902129.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |