TalungMahtino (2009) Pengaruh Label Halal Peda Kemasan Okky Jelly Drink Terhadap Keputusan Pembelian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masyarakat saat ini cenderung lebih memilih produk pangan yang bersifat siap konsumsi. Selain lebih praktis, produk pangan yang bersifat siap konsumsi ini juga cenderung lebih ekonomis. Salah satu produk pangan siap konsumsi yang banyak beredar dipasaran adalah jelly drink . Konsumen semakin kritis dalam memilih produk pangan. Konsumen tidak sekedar menginginkan produk pangan yang bersifat siap konsumsi dan bergizi, tetapi juga keamananya. Salah satu indikator yang menunjukan keamanan pangan adalah adanya label halal. Label halal merupakan label yang dicantumkan pada kemasan produk pangan yang menunjukan bahwa suatu produk merupakan produk yang halal dan telah dinyatakan aman. Dalam membuat keputusan pembelian, konsumen akan memilih suatu produk yang terbaik dan sesuai dengan keinginan mereka. Maka dengan adanya label halal, akan memberikan nilai tambah yang dapat berfungsi sebagai pemikat yang ampuh untuk menjaring konsumen. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh variabel label halal pada kemasan Okky Jelly Drink terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilakukan pada bulan Februari-Maret 2009 di wilayah Kota Malang yang meliputi 5 kecamatan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian survey. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data yang dilakukan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Berdasarkan Uji Asumsi Klasik, didapatkan bahwa data berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi. Hasil penelitian diperoleh nilai Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,178, artinya 17,8% variasi perubahan Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh label halal, sedangkan selebihnya (82,2%) diterangkan oleh variabel bebas di luar persamaan regresi. Berdasarkan uji F dapat diketahui bahwa F hitung > Ftabel (8,129 > 2,71), dapat disimpulkan bahwa variabel Perhatian, Pemahaman, dan Ingatan terhadap label halal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Okky Jelly Drink . Berdasarkan uji t dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel, dapat disimpulkan bahwa variabel Perhatian, Pemahaman, dan Ingatan terhadap label halal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Okky Jelly Drink .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2009/143/050902059 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 03 Aug 2009 09:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148142 |
![]() |
Text
050902059.pdf Download (2MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (35kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (14kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (4kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |