Analisis Penyusunan Konsep Indikator Utama Green Sla (Service Level Agreement) Layanan Tik Khususnya Layanan Jaringan Nirkabel Di Universitas Brawijaya

Amelialevi, Sabrina (2017) Analisis Penyusunan Konsep Indikator Utama Green Sla (Service Level Agreement) Layanan Tik Khususnya Layanan Jaringan Nirkabel Di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era saat ini, banyak penyedia layanan internet yang memberikan berbagai layanan yang menjanjikan untuk para pengguna layanan internet. Dengan semakin berkembangnya bisnis ini, kontrak yang disediakan oleh penyedia layanan untuk para pengguna semakin diperhatikan. Kontrak ini disebut dengan Service Level Agreement, dimana terdapat beberapa layanan yang dijanjikan oleh penyedia layanan internet tertulis dalam sebuah dokumen. Tetapi para penyedia layanan ini biasanya masih belum memperhatikan permasalahan mengenai eco-Green IT. Dimana dalam menyediakan layanan internet masih memperhatikan kepada dampak lingkungan. Oleh sebab itu, Green SLA dibutuhkan dalam memberikan layanan internet yang masih memperhatikan dampak kepada lingkungan. Green SLA ini dapat membantu para penyedia layanan dan pengguna untuk menggunakan internet dengan tetap sesuai pada konsep green computing. Maka pada penelitian ini, diharapkan dapat menyusun indikator utama untuk konsep Green SLA untuk layanan internet nirkabel di Universitas Brawijaya. Serta dapat membantu mengurangi efek rumah kaca pada penggunaan layanan internet jaringan nirkabel di Universitas Brawijaya. Selain itu penelitian ini akan membantu merancang aturan penggunan layanan internet nirkabel yang lebih efisien, dan lebih memperhatikan lingkungan serta sesuai dengan kebutuhan pengguna.

English Abstract

Nowadays, many internet service providers are providing various services for users/customers. Moving forwards for sustainability in this bussiness, a document which are explained about contract whose provided by internet service providers are become very important for users. This contract called Service Level Agreement, which all the services and agreement for users are recorded into a formal agreement document. However, internet service providers are usually did not cover about eco-Green IT issues on their traditional SLAs. Which are they should providing services with paying attention into green computing issues constantly. That is why Green SLA should come into play. Because Green SLA is a formal agreement incorporating traditional commitments as well as eco-Green IT issues did. Green SLA could help internet service providers and users/customers to keep using internet services under green computing concept. Therefore expecting into this research, researcher could setting up the main indicators of Green SLA for wireless internet services in Brawijaya University. And also could help to reduce emission GHG by using wireless internet connection and ICT product regarding to Green SLA. Furthermore, this research could help designing new rules for more efficient wireless internet connection usage for users and environment especially in Brawijaya University.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/90/051701505
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 16 Mar 2017 15:09
Last Modified: 21 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147526
[thumbnail of PAPER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
PAPER_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item