Penentuan Pemain Tim Basket Menggunakan Metode Weighted Product (Wp)-Simple Additive Weighting (Saw) (Studi Kasus : Tim Porprov Kota Pasuruan)

Renaldi, RadityaAlvin (2017) Penentuan Pemain Tim Basket Menggunakan Metode Weighted Product (Wp)-Simple Additive Weighting (Saw) (Studi Kasus : Tim Porprov Kota Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Basket adalah olahraga beregu yang terdiri dari dua tim yang beranggotakan masing-masing lima pemain yang bertanding mencetak poin dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Terdapat 5 posisi pada basket yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantaranya yaitu point guard, small forward, shooting guard, power forward, center. Basket dikenalkan pertama kali oleh seorang guru olahraga dari Kanada pada tahun 1981 yang bernama Dr. James Naismith. Pekan olahraga provinsi atau PORPROV adalah multi event 3 tahun-an, sebagai jenjang menuju PON (Pekan Olahraga Nasional) yang diselenggarakan 4 tahun sekali. Kota Pasuruan, merupakan salah satu kota yang ikut serta dalam perhelatan akbar tersebut. Dan dalam 6 tahun terkahir ini prestasi dari tim basket PORPROV Kota Pasuruan menurun, bahkan tahun lalu tim ini tidak dapat lolos dalam seleksi menuju PORPROV. Maka dari itu Kota Pasuruan dituntut untuk membangun sebuah tim basket yang baik. Pelatih cukup kesulitan dalam menentukan pemain karena banyaknya pemain yang ingin ikut serta dalam seleksi dengan skill permainan yang secara teknik dan dilihat kasat mata hampir sama atau setara hal ini berdampak pada banyaknya data dan kesamaan data yang harus diproses, kesulitan pelatih bertambah dengan terbatasnya waktu. Berdasarkan permasalahan ini diperlukan sistem pendukung keputusan dalam memilih pemain agar membantu pelatih dapat menentukan pemain yang tepat. Metode yang dipilih untuk mengambil keputusan adalah WP (Weighted Product)-SAW (Simple additive weighting). Dimana WP dipilih karena metode ini dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, dan SAW digunakan untuk sistem perankingan. Pengujian sistem didapatkan hasil sebesar 100%. Dan pengujian akurasi didapat 80% karena terdapat 2 data yang tidak valid dan 8 data yang masuk valid sesuai dengan kebenaran.

English Abstract

Basketball is a team sport consisting of two teams of five players each competing to score points by putting the ball into the opponents basket. There are five positions on the basketball that has diferent function. Which are a point guard, small forward, shooting guard, power forward, and center. Basketball was first introduced by a sports teacher from Canada in 1981 named Dr. James Naismith. Province Sports Week or PORPROV is a multi event that held each 3 years, as the ladder toward PON (National Sports Week), held each four years. Pasuruan city, is one of the cities that participated in this grand competition. And in these last 6 years the achievements of the basketball team of PORPROV Pasuruan decrease, even last years team could not pass the selection to PORPROV. Therefore Pasuruan required to build a good basketball team. Coach meets difficulty in determining player because of many players want to participate in the selection but their skill technically almost the same or equivalent, this have an impact on the amount of data and parity data that must be processed, coach difficulties increases along with time limits. Based on these problems, required a decision support system in selecting the players to help coach determines the right players. The method chosen to take a decision is WP (Weighted Product) - SAW (Simple additive weighting). Where WP have been selected for this method can determine the weight values for each attribute, and SAW is used for ranking system. The result of testing the system is 100%. And the result of accuracy testing is 80%, because there is two invalid data and eight data of the incoming is valid in accordance with reality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/69/051701165
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Feb 2017 09:04
Last Modified: 21 Oct 2021 01:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147502
[thumbnail of skripsi[Raditya_Alvin_Renaldi_125150202111017]_(fix_update).pdf]
Preview
Text
skripsi[Raditya_Alvin_Renaldi_125150202111017]_(fix_update).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item