Deteksi Kesalahan Ejaan Dan Penentuan Rekomendasi Koreksi Kata Yang Tepat Pada Dokumen Jurnal Jtiik Menggunakan Dictionary Lookup Dan Damerau-Levenshtein Distance

Maghfira, TustyNadia (2017) Deteksi Kesalahan Ejaan Dan Penentuan Rekomendasi Koreksi Kata Yang Tepat Pada Dokumen Jurnal Jtiik Menggunakan Dictionary Lookup Dan Damerau-Levenshtein Distance. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menulis merupakan sarana penyampaian informasi dan bertukar informasi antar manusia. Kegiatan tersebut saat ini semakin mudah dilakukan berkat adanya teknologi komputer, smartphone dan internet. Salah satu contohnya yaitu adanya penulisan dan publikasi jurnal penelitian yang dibuat untuk berbagi ilmu dan menambah pengetahuan. Publikasi jurnal penelitian umumnya ditampung oleh lembaga pendidikan baik nasional maupun internasional, salah satunya yaitu website JTIIK (Jurnal Teknologi Informasi & Ilmu Komputer) Fakultas Ilmu Komputer UB. Sebelum jurnal dipublikasi, jurnal yang masuk harus melalui tahap editing untuk mengoreksi apabila ada kesalahan dan kekurangan seperti adanya kesalahan ejaan kata atau informasi yang tidak lengkap. Namun, dalam kerjanya seorang editor juga tidak luput dari melakukan kesalahan yang berdampak dengan masih adanya kesalahan penulisan setelah proses editing. Adanya kesalahan ejaan kata dapat mengubah makna pengetahuan yang disampaikan penulis dan menimbulkan salah pemahaman informasi pada pembaca. Berdasarkan pemasalahan tersebut, peneliti bermaksud membantu kerja editor dalam analisis naskah jurnal dengan mengusulkan sebuah sistem deteksi dan koreksi kesalahan ejaan kata menggunakan metode Dictionary Lookup dan Damerau-Levenshtein Distance. Metode Dictionary Lookup dinilai efektif dalam menentukan suatu ejaan kata bernilai benar atau salah berdasarkan Lexical Resource. Selain itu metode Damerau-Levenshtein Distance dapat mengoreksi kesalahan penulisan kata dengan tepat dan lebih unggul dibandingkan metode Levenshtein Distance. Metode Dictionary Lookup dinilai efektif dalam menentukan suatu kata termasuk valid atau tidak berdasarkan ada tidaknya kata tersebut pada Lexical Resource. Selain itu metode Damerau-Levenshtein Distance dapat mengoreksi kesalahan penulisan kata dengan tepat dan lebih unggul dibandingkan dengan metode Levenshtein Distance. Hasil pengujian koreksi terbaik didapatkan pada skenario pengujian kedua yaitu presisi sebesar 0.78 dan recall sebesar 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/194/051704245
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 06 Jun 2017 13:27
Last Modified: 22 Oct 2021 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147416
[thumbnail of 135150200111085-Tusty_Nadia_Maghfira-Skripsi.pdf]
Preview
Text
135150200111085-Tusty_Nadia_Maghfira-Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 135150200111085-Tusty_Nadia_Maghfira-PaperSkripsi.pdf]
Preview
Text
135150200111085-Tusty_Nadia_Maghfira-PaperSkripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item