Penilaian Kualitas Website E-Government Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Dengan Dimensi E-GOVQUAL (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Kota Probolinggo)

Wahyudi, Sri Eko (2017) Penilaian Kualitas Website E-Government Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Dengan Dimensi E-GOVQUAL (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Kota Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi publik merupakan informasi yang dihasilkan, disimpan, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik menjelaskan bahwa setiap orang mempunyai hak untuk memperoleh informasi sebagai mana yang tercantum dalam Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak Kominfo Kota Probolinggo, penyebaran informasi yang dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Probolinggo dengan dua cara, yaitu penyebaran informasi melalui non-elektronik dan elektronik. Dalam penyebaran informasi melalui elektronik yaitu pada website sampai saat ini belum pernah dilakukan evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu upaya untuk melakukan pengembangan dan perbaikan sistem. Untuk melihat sejauh mana website memberikan kemudahan pada masyarakat maka diperlukannya analisis sejauh mana kualitas website. Analisis kualitas website pemerintah dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan dimensi e-GovQual yang kemudian akan ditentukan prioritas untuk permasalahan yang ditemukan menggunakan metode Importance Performance Analysis. Setelah prioritas permaslahan ditemukan maka akan diberikan rekomendasi perbaikan website menggunakan pendekatan Evaluation Heuristic. Dari hasil rekomendasi yang ada, maka dapat dijadikan sebagai acuan oleh pihak Pemerintah Kota Probolinggo untuk mengembangkan website menjadi semakin mudah digunakan oleh masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian didapat fakta bahwa tingkat kepuasan masyarakat pengguna dalam menggunakan website PPID Kota Probolinggo secara keseluruhan pada presepsi rata-rata 2,99 dan tingkat kepentingan rata-rata 4,07 dari skala 5. Namun terdapat parameter presepsi berdasarkan instrumen pertanyaan e-GovQual yaitu pada kemudahan pengguna dengan nilai 2,7 yang menunjukkan ketidakpuasan terhadap struktur website. Selain itu, terdapat juga parameter kepentingan berdasarkan instrumen pertanyaan e-GovQual yaitu pada kemudahan pengguna, keandalan dan isi dan tampilan dengan nilai 4,2 yang menunjukkan kepentingan terhadap kemampuan untuk melakukan penyesuaian, mampu melakukan pengiriman layan tepat waktu, kecepatan dalam bertransaksi dan memiliki kelengkapan data dan informasi pada website.

English Abstract

Public information is information resultant, saved, and / or received from with regard to the organizers and the implementation of other public bodies in accordance with the Act as well as other information relating to the public interest. Based on the Law of the Republic of Indonesia no. 14 years 2008 about public information openess explain that every one have right to get information as written in the Law on public Information. Based on result of interview with someone from Kominfos Probolinggo city, dissemination information by "Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)" Probolinggo city with two manners, that is dissemination informations with electronic and non-electronic. in the spread informations via electronic in website untill now not been evaluated. evaluation is an effort to carry out the development and improvement of the system To see the extent to which the website provides convenience to the community then be required for analysis of the extent to which the quality of the website. Analysis of the quality of government websites can be done using e-GovQual dimensional approach which will then be determined priority to the problems found using Importance Performance Analysis. after found problems priority will be given recommendations for websites improvement using Heuristic Evaluation approach. From the results of existing recommendations, so it can be used as a reference by the Government of Probolinggo to develop the website so even easier to use by the public. Based on the results, there are fact that the level of satisfaction of the user community in using the website PPID Kota Probolinggo on perception of the average of 2.99 and an average interest rate of 4.07 on a scale of 5. But there are parameters of perception based on instrument e-GovQual question, ie in that ease of use with value 2.7 which indicates dissatisfaction with the structure of the website. In addition, there are parameters of perception based on instrument e-GovQual question on ease of use, reliability and the content and appearance with a value of 4.2 which indicates the importance of the ability to make adjustments, perform timely service delivery, speed of transactions and completeness data and information on the website.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/166/051703631
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 04 May 2017 15:30
Last Modified: 17 May 2022 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147387
[thumbnail of Sri_Eko_Wahyudi.pdf] Text
Sri_Eko_Wahyudi.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item