Musliati, EviNur (2017) Perbaikan Proses Bisnis Layanan pada Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Kota Blitar dengan Teknik ESIA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peningkatan harus selalu dilakukan oleh organisasi agar mampu menghasilkan layanan yang lebih baik seiring dengan bertambahnya waktu. Salah satu perbaikan yang dilakukan organisasi adalah dengan kegiatan peningkatan proses bisnis. Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar merupakan bidang yang berwewenang untuk mengelola kebutuhan administrasi pendidik dan tenaga kependidikan yang berada di wilayah Kota Blitar. Masalah pada proses bisnis di Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, yaitu adanya suatu aktivitas yang dilaksanakan berulang-ulang dan tidak adanya kepastian waktu penyelesaian proses bisnis. Ekspektasi dari Bidang PTK terhadap proses bisnis yaitu dapat berjalan lebih efisien dengan bantuan teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan model proses bisnis saat ini yang terdapat pada Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar; (2) menghasilkan model proses bisnis usulan yang terdapat pada Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar dengan menggunakan teknik ESIA; (3) menghasilkan perbandingan hasil rekomendasi perbaikan proses bisnis saat ini dengan proses bisnis usulan pada Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar untuk mengetahui seberapa besar dampak dari peningkatan proses bisnis. Penelitian dimulai dengan studi kepustakaan. Kemudian pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Setelah terkumpul, dilakukan pemodelan proses bisnis saat ini, analisis proses bisnis saat ini, memodelkan proses bisnis usulan, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian didapatkan (1) pemodelan delapan proses bisnis pada Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, yaitu proses bisnis penyusunan dan pelaksanaan program, proses bisnis perencanaan kebutuhan Tenaga Pendidik, proses bisnis mutasi Tenaga Pendidik, proses bisnis pengajuan pembuatan Kartu Istri atau Kartu Suami, Kartu Pegawai, dan Kartu TASPEN, proses bisnis Pengajuan Penilaian Angka Kredit, proses bisnis pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, proses bisnis pengajuan cuti, dan proses bisnis pengajuan pensiun; (2) model proses bisnis usulan dari penerapan teknik ESIA; (3) hasil perbandingan yang menunjukkan adanya peningkatan efisiensi dari proses bisnis.
English Abstract
Improvement should always be done by the organization to be able to produce a better service in future. One of the improvements that organization can do is business process improvement. Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar is a department that has the authority to manage the administration and the needs of teachers who works in Blitar. The business processes’ problems in Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan are the existence of an activity that is carried out repeatedly and the lack of certainty of completion time in doing the business processes. Expectations of Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan is to have business processes that can be run more efficiently with the help of information technology. The purpose of this study was to (1) generate the current business process model of Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar ; (2) generate the proposed business process model for Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar using the techniques of ESIA; (3) generate the comparison of the current business process and proposed business processes in Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar to find out how big the impact of improved business processes. The study began with a literature study. Then do the data collection by interviewing and observating. After collecting data, generate the model of the current business processes, do the analysis of current business processes, generate the improved business processes’ models, and draw the conclusions. The results of the research are (1) the models of eight current business processes in Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar, those are the business process of developing and implementating of programs, business process of planning the needs of Educators, business processes of mutation of Teachers, business process for filing the Kartu Istri or Kartu Suami, Kartu Pegawai, and Kartu TASPEN, business process of filing Credit Score Assessment, business process of giving guidance to Teachers and Educators, leave application business process, and business process of filing retirement; (2) the improved business process model that made by using ESIA technique; (3) the results of the comparison showed an increase of business processes’ efficiency
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2017/130/051701544 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 15:15 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147348 |
Preview |
Text
Skripsi_125150400111024_Evi_Nur_Musliati.pdf Download (8MB) | Preview |
Preview |
Text
Jurnal_125150400111024_Evi_Nur_Musliati.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |