Rahman, ARezaMaulana (2017) Analisis Usability Aplikasi Mobile Spatuku Dengan Menggunakan Use Questionnaire. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat usability dari aplikasi mobile Spatuku menggunakan pengujian usability. Dalam penelitian ini, terdapat 4 proses utama yang dilakukan untuk mengukur tingkat usability aplikasi, yaitu proses analisis kondisi aplikasi saat ini, proses pengumpulan dan pengolahan data, analisis dan rekomendasi perbaikan aplikasi, serta uji validasi rekomendasi perbaikan aplikasi. Proses analisis kondisi aplikasi saat ini dilakukan melalui pengambilan ulasan komentar dari platform GooglePlay dan wawancara kepada responden yang dijadikan gambaran umum mengenai kondisi aplikasi saat ini. Pada proses pengumpulan dan pengolahan data, dilakukan wawancara dengan beberapa pengguna aplikasi marketplace untuk menggali informasi mengenai latar belakang pengguna, tujuan penggunaan aplikasi, serta media yang sering digunakan untuk membuka aplikasi. Data tersebut selanjutnya dikembangkan menjadi persona, dan menjadi sebuah landasan dalam membuat skenario tugas yang akan digunakan pada saat pengujian usability. Kemudian dilakukan pengujian usability dengan menggunakan USE questionnaire kepada responden yang merepresentasikan masing-masing tipe persona. Hasil dari pengujian usability dianalisis ke dalam masing-masing parameter pada USE questionnaire, meliputi usefulness, satisfaction, dan ease of use. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diberikan rekomendasi perbaikan aplikasi mobile Spatuku dengan mengikuti design guidelines. Selanjutnya dilakukan uji validasi untuk mengetahui peningkatan nilai usability pada masing-masing parameter.
English Abstract
This research aims to measure the usability rate of Spatuku’s mobile application. In this research, there are 4 main processes conducted to measure the mobile app’s usability rate, namely the process of analyzing existing conditions, the process of gathering and processing data, analysis and recommendations for improvement application, and validation test for recommendations improvement. The analyzing existing conditions is taking on a review of Google Play and interview with respondents which is used as a general overview the current state of application. In the middle of gathering and processing data, the interview with some users of marketplace mobile application were conducted to collect information about user’s background, goals when accessing application, and media to access the application. Those data then developed into persona that modelling each user group. Through persona, it can be used as fundamental in developing task scenario which used in usability testing. Then usability testing using USE questionnaire carried out involving the respondents that represent each persona type. The result from usability testing analyzed into each USE questionnaire parameter, consists of usefulness, satisfaction, and ease of use. Based on the result of analysis process, the recommendations for Spatuku’s mobile application created by following the design guidelines. Then validation test for recommendations improvement were conducted to determine the increase usability rate in each parameter.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2017/103/051701518 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 10:46 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147318 |
Preview |
Text
ANALISIS_USABILITY_APLIKASI_MOBILE_SPATUKU_DENGAN_MENGGUNAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
JTIIK_ANALISIS_USABILITY_APLIKASI_MOBILE_SPATUKU_DENGAN_MENG.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |