Penentuan Lokasi Cabang Usaha Toko Roti Dengan Metode Weighted Product Dan Optimasi Bobot Dengan Metode Particle Swarm Optimization

SaputraKudori, Dio (2016) Penentuan Lokasi Cabang Usaha Toko Roti Dengan Metode Weighted Product Dan Optimasi Bobot Dengan Metode Particle Swarm Optimization. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan lokasi cabang yang tepat dapat meningkatkan keuntungan dari usaha yang dijalankan, oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan dan perhitungan dalam pemilihan lokasi cabang dari calon lokasi cabang yang dimiliki. Ada beberapa kriteria yang digunakan untuk melakukan perhitungan, antara lain kondisi jalan disekitar calon lokasi cabang yang bagus, jalan disekitar calon lokasi cabang merupakan jalan raya, calon lokasi cabang dekat dengan pabrik/toko bahan baku, bangunan tempat usaha pada calon lokasi cabang yang cukup luas, dan tempat parkir pada calon lokasi cabang yang cukup luas pula. Tidak memiliki pengetahuan dan perhitungan dalam pemilihan lokasi cabang dari calon lokasi cabang yang dimiliki menjadi suatu masalah bagi pelaku usaha, karena akan mengakibatkan keuntungan dari usaha yang dijalankan menurun jika lokasi cabang yang dipilih tidak tepat. Solusi untuk permasalah tersebut adalah dengan membuat suatu sistem, dimana sistem tersebut memiliki pengetahuan dan perhitungan yang mampu membantu menentukan lokasi cabang yang tepat untuk dipilih dari calon lokasi cabang yang dimiliki. Dalam implementasi sistem, sistem dibuat menggunakan dua metode untuk melakukan perhitungan yaitu metode Particle Swarm Optimization (PSO) dan metode Weighted Product (WP). Metode PSO diterapkan untuk mengoptimasi nilai bobot yang akan digunakan sebagai bahan perhitungan pada metode WP, sedangkan metode WP diterapkan untuk menentukan peringkat dari tiap calon lokasi cabang usaha yang ditambahkan pengguna menurut tingkat dipilihnya calon lokasi cabang usaha tersebut. Berdasarkan hasil dari pengujian yang telah dilakukan, korelasi antara peringkat yang dihasilkan oleh sistem dengan peringkat yang diperoleh dari pelaku usaha yang berpengalaman dalam memilih lokasi cabang usaha, sangat baik.

English Abstract

Selection of the right branch location can increase the profit of a business, because of that knowledge and calculation is needed for selecting the appropriate branch location from owned branch location candidate. There are several criteria that are used to perform calculations, such as road conditions around the branch location candidate were nice, the road around the branch location candidate are the highways, branch location candidate near the factory/store raw materials, building at branch location candidate are quite spacious, and the parking lot at the branch location candidate are quite spacious too. Do not have the knowledge and calculation of branch location in the selection of owned candidate brance location becomes a problem for businesses, because it will decrease the profit of the business if the selected branch location is not appropriate. The solution to these problems is to create a system, where the system has the knowledge and calculations that can help determine the appropriate branch location from owned branch location candidate. In the implementation of the system, the system is made using two methods to perform calculation that is Particle Swarm Optimization (PSO) and Weighted Product (WP). PSO method is applied to optimize the value of the weight that will used as an calculation material in WP method, while the WP method is applied to determine the ranking of branch location candidates by the appropriate branch location level of branch location candidate that added by users. Based on the testing results that was done, the correlation between the ranking that generated by the system with the ranking that obtained from businesses that are experienced in selecting the approriate branch location, was excellent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/558/051610841
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 11 Nov 2016 15:37
Last Modified: 21 Oct 2021 17:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147132
[thumbnail of Skripsi_Dio_Saputra_kudori_125150200111116.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Dio_Saputra_kudori_125150200111116.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Dio_Saputra_Kudori_125150200111116.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dio_Saputra_Kudori_125150200111116.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item