Hakim, Diannisa (2016) Penilaian Kualitas Layanan E-Procurement Pada Pemerintah Kabupaten Trenggalek Menggunakan E-Govqual Dan Importance Performance Analysis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemerintah telah mulai melakukan pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dikenal dengan istilah e-government. Salah satu pengembangan e-government adalah e-procurement. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) merupakan lembaga pemerintah yang mengembangkan e-procurement dan telah menerapkannya di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang telah menerapkan adalah Kabupaten Trenggalek. Dengan penerapan sistem e-procurement yang telah dilakukan sejak tahun 2012, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan e-procurement yang berjalan di Kabupaten Trenggalek menurut persepsi pengguna. Hal inilah yang dilakukan dalam tugas akhir ini Metode yang digunakan untuk menilai kualitas layanan dalam penelitian ini adalah dengan survei menggunakan e-GovQual, yang terdiri atas empat dimensi dengan 21 atribut dan Importance Performance Analysis (IPA), yang terdiri dari analisis tingkat kesesuaian, analisis kuadran, dan analisis kesenjangan (gap). Ada 60 responden yang terlibat dalam penelitian ini dari dua populasi yang berbeda, yakni pihak penyedia dan non penyedia, yang masing-masing populasinya sejumlah 30 responden. Dari analisis tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dan tingkat kepentingan diperoleh hasil sebesar 86,94% yang berarti kualitas layanan sudah baik namun masih dapat ditingkatkan. Dari analisis kuadran ada 5 atribut yang ada pada kuadran I (prioritas utama), 6 atribut yang ada pada kuadran II (pertahankan prestasi), 5 atribut yang ada pada kuadran III (prioritas rendah), dan 5 atribut yang ada pada kuadran IV (berlebihan). Dari hasil analisis kesenjangan (gap) antara tingkat kinerja dan tingkat kepentingan didapatkan hasil dengan nilai negatif yakni sebesar -0,56 yang berarti kualitas layanan secara keseluruhan belum sesuai dengan harapan pengguna. Dari analisis IPA tersebut dapat diketahui urutan atribut yang menjadi prioritas adalah perhatian help desk, balasan cepat help desk, pengetahuan help desk, kecepatan unduh (download) formulir, dan kepercayaan help desk.
English Abstract
The government started to develop information and communication technologies, which known as e-government. One of the e-government development is e-procurement. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) is government agency that develops e-procurement and has implemented it in the various regions in Indonesia. One of the regions that has implemented is Trenggalek Regency. With the implementation since 2012, it is necessary to do research to find out the extent to which the existing e-procurement service quality in Trenggalek Regency according to user percepsions, has been in line with expectations or yet. This matter conducted in this thesis. The method used to assess the service quality in this thesis is a survey using e-GovQual, which consist of four dimensions with 21 research attributes and Importance Performance Analysis (IPA) methods, which consist of conformance level analysis, quadrant analysis, and gap analysis. There were 60 respondents involved in research from two different populations, namely providers and non providers, which each population consist of 30 respondents. From the analysis of the compatibility level between the importance and performance obtained yield was 86,94%, that means the quality of service is good, but still can be improved. From the analysis of quadrant, there are 5 attributes in quadrant I (concentrate here), 6 attributes in quadrant II (keep up the good work), 5 attributes in quadrant III (low priority), and 5 attributes in quadrant IV (possible overkill). From the analysis of gap between the importance and performance is obtained with a negative value which is equal to -0,56, that means the overall service quality does not in accordance with user expectations. From the analysis of IPA can be known of attributes priority are Help Desk Interest, Help Desk Prompt Reply, Help Desk Knowledge, Form Fast Download, and Help Desk Trust.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2016/545/051610828 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:54 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 17:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147119 |
![]() |
Text
Undergraduate_Thesis.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Journal.pdf Download (2MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (34kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (14kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (4kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (52kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (19kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (4kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |