Rancang Bangun Alat Pendeteksi Suara Panggilan Manusia Berbahasa Indonesia Untuk Tunarungu Menggunakan Library Pocketsphinx Berbasis Embedded System

Alauddin, MukhammadWildan (2016) Rancang Bangun Alat Pendeteksi Suara Panggilan Manusia Berbahasa Indonesia Untuk Tunarungu Menggunakan Library Pocketsphinx Berbasis Embedded System. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia. Namun, tidak semua manusia dapat menggunakan indera pendengarannya secara sempurna. Manusia yang mengalami disabilitas indera pendengaran disebut sebagai tunarungu. Disabilitas tunarungu dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain faktor keturunan dan kecelakaan. Penyembuhan indera pendengaran bukanlah satu-satunya hal yang efektif sebagai solusi atas permasalahan ini. Hal ini disebabkan oleh tidak semua disabilitas pendengaran dapat disembuhkan, terutama akibat faktor keturunan. Selain itu, biaya untuk penyembuhan sangat mahal sehingga tidak semua penyandang tunarungu dapat melakukannya. Atas beberapa pertimbangan tersebut penulis melakukan sebuah penelitian memanfaatkan teknologi untuk mengatasi permasalahan komunikasi antara manusia normal dengan para penyandang disabilitas tunarungu. Penulis mengaplikasikan sebuah mini PC bertipe Raspberry Pi 2 B+ sebagai inti dari sistem yang akan dirancang memanfaatkan library PocketSphinx sebagai perangkat lunak utama dalam proses konversi ucapan menjadi tulisan (speech to text) untuk selanjutnya diseleksi agar sistem hanya merespon apabila input panggilan sesuai dengan nama pengguna sistem. Sistem tersebut akan dirancang dengan menggunakan mini mikrofon sebagai sensor utama dan memanfaatkan library PocketSphinx yang menggunakan metode Hidden Markov Model (HMM) untuk diterapkan oleh sistem dalam mengenali karakteristik pengucapan manusia. Alur kerja sistem ini diawali oleh training terhadap sistem agar mampu mengenali berbagai bola ucapan untuk suatu nama tertentu. Hasil akhir dari proses training ini berupa acoustic model yang merupakan hasil pencocokan data suara pada saat perekaman (audio file) dengan input pelafalan (transcription file). Selain itu juga perlu adanya file dictionary untuk mendata daftar kata yang nantinya akan dikenali oleh sistem dan juga language model untuk mengenali ciri ucapan seseorang. Apabila nama panggilan ketika proses testing sesuai dengan nama panggilan pada saat training, maka sistem merespon dengan memberikan getaran melalui vibrator dan indikator LED yang menyala. Pada penelitian kali ini, peneliti dapat menilai bahwa penggunaan mini PC dapat memungkinkan sistem dapat digunakan secara mobile. Namun diperlukan mini PC dengan spesifikasi lebih tinggi untuk meningkatkan performa sistem dan mempercepat eksekusi program dan library yang digunakan. Hal ini juga berlaku untuk penggunaan mini mikrofon agar sistem dapat mendeteksi sumber suara yang lebih jauh dan daya tangkap yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/526/051608788
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 06 Sep 2016 14:15
Last Modified: 21 Oct 2021 17:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147098
[thumbnail of Laporan_Wildan_Fix.pdf]
Preview
Text
Laporan_Wildan_Fix.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Skripsi_WIldan.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Skripsi_WIldan.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item