Analisis Performansi Penerapan Penggunaan Peta Offline Pada Aplikasi Location Based Service Berbasis Mobile Website Studi Kasus Pencarian Lokasi Tambal Ban Di Kota Malang

Yazid, Alfa (2016) Analisis Performansi Penerapan Penggunaan Peta Offline Pada Aplikasi Location Based Service Berbasis Mobile Website Studi Kasus Pencarian Lokasi Tambal Ban Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tambal Ban merupakan salah satu fasilitas umum yang menyediakan layanan bagi pengendara kendaraan bermotor maupun non-motor yang berjalan menggunakan roda dan ban yang mengalami kebocoran pada ban-nya kini telah tersebar di berbagai daerah dalam jumlah relatif banyak, tak terkecuali di Kota Malang karena populasi masyarakat di kota Malang berbanding lurus dengan kendaraan yang dimiliki begitu pula dengan tersebarnya fasilitas Tambal Ban di berbagai daerah di Kota Malang. Dengan adanya Open Street Map yang merupakan peta gratis dan terbuka yang dapat digunakan di seluruh dunia, maka dari itu Open Street Map dapat digunakan di negara berkembang dan di zona bencana di mana internet tidak tersedia. Berdasarkan hasil pengujian validasi dapat disimpulkan bahwa implementasi dan fungsionalitas aplikasi mobile website pencarian lokasi tambal ban yang dibangun telah memenuhi kebutuhan fungsional yang dijabarkan pada tahap analisis kebutuhan. Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan cara menjalankan aplikasi, kemudian memilih satu lokasi tambal ban dengan lokasi asal dan tujuan yang sama. Peta yang menggunakan Google Maps menghasilkan ukuran file hanya sebesar 172 Kb sedangkan peta yang menggunakan Open Street Map menghasilkan ukuran file 1.52 Mb. Pengujian kecepatan akses juga terkait menjelaskan sesuai apa yang dijelaskan dalam pengujian ukuran file, semakin besar ukuran file dari sebuah halaman website maka membutuhkan pula waktu yang cukup lama untuk dapat mengakses halaman tersebut. Tetapi kelebihan peta Open Street Map yang menggunakan teknologi cache akan jauh lebih cepat di akses jika petanya sudah pernah diakses, karena peta tersebut sudah tersimpan dalam storage smartphone meskipun koneksi internet telah terputus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/512/051608774
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 06 Sep 2016 08:44
Last Modified: 21 Oct 2021 17:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/147083
[thumbnail of Jurnal.pdf]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Alfa_Yazid.pdf]
Preview
Text
Alfa_Yazid.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item