Perancangan Aplikasi Deteksi Gerakan Latihan Range Of Motion Pada Kaki Pasien Menggunakan Sensor Akselerometer dan Arduino

Rohmatullah (2016) Perancangan Aplikasi Deteksi Gerakan Latihan Range Of Motion Pada Kaki Pasien Menggunakan Sensor Akselerometer dan Arduino. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gerakan latihan ROM (Range of Motion) merupakan salah satu bentuk latihan gerakan yang dilakukan oleh pasien yang membutuhkan bantuan perawat paska mengalami cedera, baik cedera ringan maupun berat. Salah satu bagian gerakan ROM yang paling membutuhkan bantuan perawat terletak pada kaki. Karena banyak dari beberapa gerakan ROM pada kaki tidak bisa dilakukan sendiri oleh pasien dan masih membutuhkan perawat. Namun Ada beberapa gerakan ROM aktif pada kaki pasien yang bisa dilakukan tanpa bantuan perawat, dengan memperhatikan sudut-sudut setiap pergerakan pada kaki. Menggunakan sensor akselerometer mpu6050 untuk mendeteksi gerakan serta arduino nano untuk mengolah nilai pergerakan yang dilakukan pada bagian paha, betis dan telapak kaki. Dalam penelitian ini membuat tampilan informasi dari gerakan kaki pasien dengan mengunakan pemrograman delphi. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa tingkat akurasi sensor dipengaruhi oleh posisi peletakkan sensor dan panjang kaki pasien. Ketika sensor diletakkan pada posisi yang memiliki ruang gerak yang luas maka pembacaan sensor akan akan semakin baik, sebaliknya jika sensor diletakkan pada posisi yang memiliki sedikit ruang gerak maka pembacaan sensor akan semakin buruk. Untuk nilai akurasi sensor yang sebelum dan setelah dipasang pada kaki didapatkan hasil error yang berbeda. Hasil error yang didapat sebelum dipasang pada paha 4,14%, 2,38% pada betis, 2,49% pada telapak kaki. Sedangkan hasil error yang didapat setelah dipasang pada paha 4,81%, pada betis 3,77% dan pada telapak kaki 5,05%. Hal ini disebabkan karena sensor akselerometer mpu6050 memiliki sensitivitas yang tinggi ketika terpasang pada benda bergerak, nilai sensor dapat berubah dengan cepat meskipun benda tersebut hanya bergerak sedikit terutama pada kaki manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/381/051606889
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 10 Aug 2016 14:01
Last Modified: 21 Oct 2021 14:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146938
[thumbnail of JURNAL_SKRIPSI_ROHMATULLAH.pdf]
Preview
Text
JURNAL_SKRIPSI_ROHMATULLAH.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_ROHMATULLAH.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_ROHMATULLAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item