Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Fauna Di Indonesia

Arifani, NoorAziza (2016) Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Fauna Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman fauna yang sangat beragam. Saat ini, Daftar Merah IUCN mencatat sekitar 23% spesies mamalia dan 12% jenis burung di Indonesia termasuk kategori terancam punah. Hal tersebut menandakan pentingnya proses pengenalan fauna di Indonesia untuk masyarakat Indonesia. Permainan adalah salah satu cara untuk dapat menemukan solusi dari suatu masalah dengan pendekatan yang menyenangkan. Game yang dibuat berfungsi untuk mengenalkan pengguna tentang persebaran fauna di Indonesia. Target pengguna adalah semua umur. Metode yang digunakan untuk pengembangan game ini adalah iterative with rapid prototyping. Proses perancangan menghasilkan game dengan gameplay turn-based strategy. Proses implementasi dilakukan menggunakan game engine Unity dan bahasa pemrograman C#. Pengujian menunjukkan hasil implementasi telah memenuhi kebutuhan fungsional game ini. Pengujian pada pengguna menunjukkan bahwa game dapat diterima dengan baik. Game yang dibangun terbilang menyenangkan dan dapat mengenalkan pengguna pada persebaran fauna di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/20/051601338
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Feb 2016 08:27
Last Modified: 21 Oct 2021 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146738
[thumbnail of 115060801111058-skripsi.pdf]
Preview
Text
115060801111058-skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item