Analisis Perbandingan Performansi Metode File Sharing Berbasis Multicast Dengan Peer-To-Peer Dalam Proses Distribusi Konten Data

Atmojo, DimasDwi (2016) Analisis Perbandingan Performansi Metode File Sharing Berbasis Multicast Dengan Peer-To-Peer Dalam Proses Distribusi Konten Data. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu pemanfaatan fungsi dari jaringan komputer yaitu sebagai media distribusi konten data atau file sharing. File sharing banyak dimanfaatkan untuk menunjang mekanisme distribusi konten data secara terpadu dengan memanfaatkan jaringan internet ketika menghadapi kendala waktu, biaya dan lokasi dari pengguna yang tersebar secara geografis. Sebagian besar pengguna ketika memanfaatkan media distribusi konten data melihat kecepatan dan waktu transfer sebagai parameter efektifitas dari metode yang digunakan. Sedangkan disisi lain parameter tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti ukuran konten data yang didistribusikan, kondisi lingkungan jaringan komputer yang dilalui dan kinerja metode file sharing yang digunakan. Saat ini metode yang banyak dimanfaatkan dalam mekanisme distribusi konten data yaitu melalui pendekatan multicast dan Peer-to-Peer (Costa-Montenegro, 2012). Setiap metode tersebut menawarkan solusi dalam menunjang mekanisme distribusi konten data. Sehingga dibutuhkan analisis yang mendalam untuk mengetahui metode mana yang lebih efektif dan efisien untuk melakukan proses distribusi konten data. Untuk dapat mengetahui performansi dari metode multicast dan Peer-to-Peer, diperlukan contoh aplikasi file sharing yang menerapkan masing-masing metode tersebut. Dalam penelitian ini contoh aplikasi file sharing berbasis multicast yang digunakan yaitu UFTP. Sedangkan contoh aplikasi berbasis Peer-to-Peer yang digunakan yaitu BitTorrent Sync. Kemudian untuk mendukung pengujian dan analisis perbandingan performansi dari setiap metode file sharing dan contoh aplikasi terkait pengaruh kondisi lingkungan jaringan komputer lokal yang dilalui dalam proses distribusi konten data, diperlukan bantuan emulator jaringan seperti Wide Area Network emulator (WANem). Untuk dapat meminimalkan faktor lain yang dapat menggangu akurasi pengukuran perbandingan performansi dari masing-masing aplikasi file sharing dalam proses distribusi konten data seperti network policy yang terdapat pada suatu jaringan physical, maka lingkungan pengujian sistem diimplementasikan secara virtual menggunakan bantuan aplikasi Virtualbox. Kriteria performansi metode file sharing dikatakan baik ketika mampu menghasilkan nilai throughput atau transfer rate yang tinggi dengan nilai waktu proses yang rendah ketika digunakan untuk mendistribusikan berbagai macam ukuran konten data dalam kondisi lingkungan jaringan komputer tertentu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/197/051601515
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Mar 2016 10:04
Last Modified: 21 Oct 2021 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146734
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item