Rancang Bangun Game Edukasi untuk Pembelajaran Benua dan Samudra.

Leonitami, Ayu (2016) Rancang Bangun Game Edukasi untuk Pembelajaran Benua dan Samudra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Benua dan Samudra merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Geografi yang penting untuk dikuasai karena pengetahuan umum yang didapatkan dari materi ini akan dipakai seterusnya baik dalam kehidupan sosial maupun dalam jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Materi ini mencakup penjelasan tentang pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra. Luasnya cakupan materi benua dan samudra inilah yang mengharuskan siswa untuk banyak membaca buku dan menghafal banyak informasi-informasi penting untuk dapat menguasai materi ini. Banyaknya materi yang harus dihafalkan saat mempelajari materi inilah yang menjadi hambatan dalam proses belajar siswa. Game edukasi memiliki potensi untuk dijadikan sebagai alat pembelajaran. Game edukasi yang dibuat lebih banyak mengenalkan tentang lokasi geografis dari negara-negara dan juga objek-objek geografis yang menjadi karakteristik dari masing-masing benua dan samudra. Dari hasil pengujian terhadap siswa SMP menunjukkan bahwa game edukasi ini dapat diterima dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari sebagian besar siswa SMP menyatakan bahwa game “Joey’s Journey” menyenangkan untuk dimainkan dan juga mengedukasi, karena dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/146/051601464
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Mar 2016 09:25
Last Modified: 21 Oct 2021 06:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146678
[thumbnail of !!_Skripsi_-_Ayu_Leonitami.pdf]
Preview
Text
!!_Skripsi_-_Ayu_Leonitami.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item