Analisis Kinerja Real-Time Transport Protocol Dan Real-Time Transport Control Protocol Pada Voip Menggunakan Codec Gsm & G.711

Fatmaprila, RizkiSepasthika (2015) Analisis Kinerja Real-Time Transport Protocol Dan Real-Time Transport Control Protocol Pada Voip Menggunakan Codec Gsm & G.711. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin berkembangnya jaringan komputer sekarang ini, aplikasi multimedia seperti audio dan video dapat berkomunikasi dalam jaringan IP. VoIP adalah salah satu aplikasi yang dapat berkomunikasi dalam jaringan IP. Karena aplikasi VoIP bersifat real time, VoIP tidak toleran terhadap delay, jitter, dan ,packet loss serta membutuhkan bandwdith yang besar. Untuk menjamin kualitas layanan dalam VoIP, pemilihan protokol multimedia over IP yang tepat akan mempengaruhi nilai dari parameter QoS tersebut. Real-time Transport Protocol (RTP) adalah protokol yang menyediakan dukungan berbasis IP untuk pengangkutan data real-time. Real-time Transport Control Protocol (RTCP) digunakan untuk mengirimkan paket kontrol ke setiap host yang berpartisipasi pada percakapan. RTP bekerja sama dengan RTCP akan menyediakan landasan kerja bagi layanan real-time. Selain dengan pemilihan protokol, pemilihan codec juga akan membantu mengurangi nilai dari keempat parameter QoS tersebut. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan dua jenis codec yang berbeda yaitu codec GSM dan codec G.711. Codec GSM memiliki bit rate 13 kbps, sedangkan codec G.711 memiliki bit rate 64 kbps. Perbedaan bit rate tersebut akan mempengaruhi kualitas koneksi dalam komunikasi VoIP. Dari hasil pengujian dengan menggunakan kedua protokol dan kedua codec tersebut didapat hasil bahwa komunikasi menggunakan protokol RTP dengan codec GSM merupakan kombinasi terbaik untuk melakukan komunikasi VoIP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/407/051600908
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Feb 2016 09:40
Last Modified: 21 Oct 2021 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146473
[thumbnail of skripsi_RizkiSF.pdf]
Preview
Text
skripsi_RizkiSF.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item