Analisa Pengaruh Guna Lahan Sekitar Terhadap Perkembangan Daerah Perdagangan dan Jasa Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means Clustering

Rizky, AbdulLatif (2015) Analisa Pengaruh Guna Lahan Sekitar Terhadap Perkembangan Daerah Perdagangan dan Jasa Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means Clustering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan suatu wilayah khususnya di kawasan perkotaan dilatarbelakangi oleh berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah berkembangnya kawasan perdagangan dan jasa. Kecamatan Sukun merupakan salah satu kecamatan dengan potensi berkembang, untuk itu diperlukan suatu perencanaan dalam penataan daerah perdagangan dan jasa agar arah perkembangan dapat terkendali. Metode yang diterapkan dalam sistem adalah Fuzzy C-Means Clustering(FCM). Metode Fuzzy C-Means Clustering digunakan untuk menentukan aturan dalam penentuan nilai potensi suatu daerah dengan cara membandingkan nilai tiap parameter yang di anggap berpengaruh kemudian akan dikelompokan menjadi beberapa cluster. Setelah didapatkan cluster ideal selanjutnya akan didapatkan aturan yang akan digunakan dalam penentuan nilai potensi berkembangnya suatu daerah. Pada proses pengujian dengan 5 jenis data latih berbeda dapat diketahui bahwa nilai cluster idealnya adalah 2 dengan nilai rata-rata akurasi adalah 88,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/400/051508377
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 18 Nov 2015 15:04
Last Modified: 21 Oct 2021 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146466
[thumbnail of Abdul_Latif_Rizky.pdf]
Preview
Text
Abdul_Latif_Rizky.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item