Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Menggunakan Metode Certainty Factor

Limbong, HarryYohannes (2015) Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Menggunakan Metode Certainty Factor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beberapa anak sering mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, susah untuk duduk diam dan perhatiannya mudah teralihkan oleh sesuatu hal. Gangguan pemusatan perhatian ini sering disebut sebagai ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorders). Biasanya disertai dengan gejala hiperaktif dan tingkah laku yang impulsif. Seringkali gangguan ini dianggap wajar terjadi karena seorang anak sedang dalam masa perkembangan, sehingga kelakuannya menjadi hiperaktif dan sulit diatur. Sebagian besar anak dengan gangguan ADHD mengalami defisit pada ketrampilan sosial, masalah perilaku, kognitif, akademik dan emosional serta mengalami hambatan dalam mengaktualisasikan potensi kecerdasannya, dan akan berpengaruh terhadap masa depan anak tersebut. Masalah yang sering dihadapi pakar adalah cukup sulit untuk mendiagnosis ADHD karena tidak ada satu test khusus untuk mendiagnosis gangguan ini, dan juga beberapa gejalanya mirip dengan gejala autisme. Melihat permasalahan diatas, muncul gagasan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web yang bernama Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorders) Menggunakan Metode Certainty Factor. Aplikasi ini berisi informasi mengenai gangguan ADHD dan cara mendiagnosisnya. Metode yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah Certainty Factor. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, HTML dan Javascript. Databasenya menggunakan MySQL. Tool dan editor yang digunakan adalah XAMPP dan Dreamweaver. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan mempermudah masyarakat dalam mendiagnosis gangguan ADHD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/380/051508357
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 18 Nov 2015 10:35
Last Modified: 20 Oct 2021 17:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146442
[thumbnail of [Laporan].pdf]
Preview
Text
[Laporan].pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item