Analisis Resiko Bahaya Busur listrik Pada Sistem Instalasi Tegangan Rendah di PT. KEBON AGUNG Kota Malang,

Hadiana, AtikaRahma (2014) Analisis Resiko Bahaya Busur listrik Pada Sistem Instalasi Tegangan Rendah di PT. KEBON AGUNG Kota Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. KEBON AGUNG adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri produksi gula yang menggunakan sistem kelistrikan di dalamnya. Apabila sistem proteksi tidak mampu bekerja dengan baik, maka akan berakibat terjadinya kerugian yang besar baik dari kerusakan pada peralatan instalasi maupun tidak lancarnya penyaluran tenaga listrik. Kondisi akan sangat berbahaya jika terdapat gangguan hubung singkat yang tidak dapat segera dipadamkan yang dapat menimbulkan busur listrik dengan temperatur hingga 19.000°C. Dengan temperatur yang sedemikian panas, busur listrik dapat menyebabkan luka bakar dapat menyebabkan kebakaran pada tubuh manusia dan peralatan. Resiko bahaya busur listrik dapat dianalisis menggunakan studi hubung singkat tiga fasa dan koordinasi peralatan pengaman arus lebih. Studi hubung singkat tiga fasa digunakan untuk menentukan arus hubung singkat terbesar pada titik gangguan yang disebut dengan bolted fault current. Sedangkan studi koordinasi peralatan pengaman arus lebih digunakan untuk menentukan waktu pemutusan gangguan pada circuit breaker pada berbagai macam nilai bolted fault current. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa peralatan yang memiliki resiko bahaya paling tinggi adalah PLN Trafo 1, PLN Trafo 2, Panel Sentral, GRUP 6, dan MCC 8, yaitu kategori 3. Kategori bahaya 3 merupakan kategori bahaya tingkat tinggi yang dapat menyebabkan luka bakar yang melebihi stadium tiga sehingga dapat menyebabkan pembekuan pembuluh darah dan luka bakar serius pada seluruh lapisan kulit, yaitu epidermis, dermis dan hipodermis. Efek luka bakar tersebut adalah otot pada luka bakar akan mengalami mati rasa dan jaringan di bawah kulit akan mengalami kerusakan yang parah. Hal yang menyebabkan peralatan tersebut memiliki kategori bahaya yang tinggi adalah waktu pemutusan gangguan circuit breaker yang cukup lama yaitu 0,4 detik akibat dari operasi short time delay trip dari circuit breaker berjenis Siemens Air Circuit Breaker 3WL ETU25B yang menyebabkan energi insiden busur listrik bernilai tinggi, yaitu 11,96 dan 11,86 cal/cm2. Sedangkan untuk PLN Trafo 1, PLN Trafo 2, dan Panel Sentral disebabkan oleh waktu pemutusan koordinasi circuit breaker yang berlangsung lebih dari >0,4 detik yang mengacu pada circuit breaker Grup 6 yang memiliki waktu pemutusan paling lama. Resiko bahaya tersebut dapat diminimalisasi dengan menggunakan Personal Protective Equipment (PPE) yang tepat atau dengan menurunkan pengaturan waktu operasi short time delay trip dari 0,4 detik menjadi 0,1 detik untuk kategori bahaya 1 dan 0,2 detik untuk kategori bahaya 2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2014/259/051403340
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jun 2014 14:52
Last Modified: 20 Oct 2021 06:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146051
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_2.pdf]
Preview
Text
Lampiran_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_3.pdf]
Preview
Text
Lampiran_3.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item