Analisa dan Perancangan Customer Relationship Management (CRM) pada CV. Restu Mulya dengan Metode Framework of Dynamic CRM

Wiratama, IKomang and Diah Priharsari, S.T., M.T and Satrio Agung W, . S.Kom., M.Kom (2014) Analisa dan Perancangan Customer Relationship Management (CRM) pada CV. Restu Mulya dengan Metode Framework of Dynamic CRM. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CV. Restu Mulya adalah salah satu perusahaan transportasi darat dalam bidang bus malam yang memiliki kantor pusat di Denpasar, Bali. Selama ini CV. Restu Mulya memberikan pelayanan yang cukup baik dan profesional kepada pelanggan. Namun CV. Restu Mulya masih melakukan pendataan pelanggan dengan cara mencatat pada kertas, pengiriman data pelanggan dari kantor cabang ke kantor pusat dengan catatan yang dibuat sebelumnya, sehingga terkadang terjadi kesalahan seperti terjadinya penumpukan data pemesanan yang mengakibatkan pelanggan tidak mendapatkan tiket yang dipesannya. Selama ini data-data pelanggan yang pernah menggunakan jasa CV. Restu Mulya hanya diarsipkan di kantor pusat tanpa memanfaatkan potensi dari data pelanggan. Hal itu menyebabkan pelanggan-pelanggan yang memiliki potensi untuk mendatangkan keuntungan dalam jangka panjang bagi perusahaan justru lebih memilih perusahaan pesaing yang lebih baik dalam memenuhi keinginan pelanggan. Untuk itu diperlukan adanya sebuah sistem informasi Customer Relationship Management (CRM) yang mampu mengolah data dari pelanggan, memberikan informasi yang diperlukan pelanggan dan mendapatkan data keinginan pelanggan sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk itu penulis mengembangkan system CRM untuk mengatasi masalah yang terjadi pada perusahaan dan diperoleh hasil pengujian dari penelitian ini menggunakan metode black box dan usability testing. Berdasarkan pengujian black box, sistem sudah dapat berjalan dengan baik tanpa terjadi kesalahan. Berdasarkan pengujian usability testing, 30,00% customer berpendapat sangat setuju dan 53,33% customer berpendapat setuju dalam variabel kemudahan system sedangkan dari pihak perusahaan, 36,00% berpendapat sangat setuju dan 48,00% berpendapat setuju dalam variabel manfaat. Dapat disimpulkan bahwa sistem baru yang dirancang dapat diterima dengan cukup baik oleh pengguna.

English Abstract

CV Restu Mulya is a land transport company specialized in night buses headquarterd in Denpasar, Bali. CV. Restu Mulya has a good track record in providing good and professional service to customers. However, CV Restu Mulya still manually recorded customers data by paper, and delivered manually from brach office to headquarter by their own bus drivers, and therefore it is inevitable that mistakes such as overload booking causing customer can not have their supposes purchased ticket happened. Until now, CV Restu Mulya customers data have only been archived in their headquarter with taking benefit from the customers data. This caused long-time potential profiting customers preferring other company that served customers need better. Therefore, it is essential to build Customer Relationship Management (CRM) information system that has the ability to process customers data and give out needed information form customers and gained customer want data that can be used to develop customers satisfactory. And therefore, this research aim to develop CRM system to handle problems in the company and test the result of this research using black box dan usability testing method. Based on black box testing, the system has already working great without errors. Based on usability testing, 30,00% of the customers feels very agreeable and 53,33% of the customers feels agreeable in system easeness variabel, and from within the company stated that 36,00% feels very agreeable and 48,00% feels agreeable in benefit variable. Therefore, it can be concluded that the newly designed system can be accepted very well by customers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 004.011
Uncontrolled Keywords: customer relationship management, CRM, transportasi darat -customer relationship management, CRM, land transportation
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Aug 2014 11:12
Last Modified: 03 Dec 2021 00:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145948
[thumbnail of Skripsi_Fix.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Fix.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item