Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Exponential Smoothing untuk Meramalkan Hasil Penjualan pada Studi Kasus Home Industry Kue “Kayu Manis

TommyA, RPradana (2013) Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Exponential Smoothing untuk Meramalkan Hasil Penjualan pada Studi Kasus Home Industry Kue “Kayu Manis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam dunia bisnis, dibutuhkan sebuah prediksi atau perkiraan dari suatu produktivitas yang akan diproses untuk menindak lanjuti hasil yang akan diharapkan pada beberapa periode selanjutnya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu proses peramalan yang digunakan untuk menunjang keputusan dari sebuah perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Metode Exponential Smoothing merupakan metode yang telah banyak digunakan untuk peramalan karena memiliki kinerja yang cukup baik. Metode Exponential Smoothing memiliki beberapa parameter yang digunakan untuk mendukung perhitungan yang akan digunakan pada peramalan. Dengan metode-metode ini, perhitungan dapat dilakukan untuk mencari nilai optimal yang paling baik dengan tingkat kesalahan yang paling terkecil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2013/144/051307432
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Aug 2013 11:13
Last Modified: 22 Aug 2013 11:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145777
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item