Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Pada Ruas Jalan dan Persimpangan Jalan Mt. Haryono – Jalan Mj. Panjaitan – Jalan Keluar Universitas Brawijaya dan Jalan Soekarno Hatta Kota Malang

RamdonySuryatman, Lutfi (2017) Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Pada Ruas Jalan dan Persimpangan Jalan Mt. Haryono – Jalan Mj. Panjaitan – Jalan Keluar Universitas Brawijaya dan Jalan Soekarno Hatta Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persimpangan Jalan Soekarno Hatta (Universitas Brawijaya) termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Klojen Kota Malang. Persimpangan ini merupakan persimpangan sebidang 4 kaki, kendala simpang terjadi di saat crossing antar yang melintas. Volume kendaraan dan arus lalu lintas yang besar pada Jalan Soekarno Hatta tidak mampu menampung besar kendaraan sehingga (traffic light) tidak berfungsi optimal. Hal tersebut dikarenakan pergerakan tarikan ke Pusat Kota, Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Malang dan daerah sekitarnya yang sangat besar sehingga, persimpangan ini merupakan salah satu titik kemacetan di Kota Malang. Berdasarkan survei pendahuluan nilai tundaan persimpangan pada ruas jalan tersebut memiliki nilai 183,52 det/smp, nilai tundaan >60 det/smp menunjukkan bahwa simpang tersebut merupakan simpang jenuh dengan tingkat pelayanan F. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menetukan alternatif skenario manajemen dan rekayasa lalu lintas yang tepat untuk meningkatkan kinerja ruas jalan dan persimpangan pada Jalan MT. Haryono – Jalan MJ. Panjaitan – jalan Universitas Brawijaya dan jalan Soekarno Hatta. Analisis yang digunakan adalah analisis kinerja jalan dan persimpangan serta analisis do nothing – do something yaitu dengan melakukan skenario – skenario dengan dilakukan alternatif - alternatif pemecahan masalah. Dari analisis do nothing - do something ini akan ditemukan suatu kondisi yang paling baik dan kondisi paling buruk yang dapat terlihat dengan adanya perubahan tingkat pelayanan. Dengan adanya perlakuan pada skenario ini, maka output yang akan dihasilkan berupa alternatif-alternatif arahan manajemen lalu lintas dengan masing-masing kekurangan dan kelebihan. Adapun teknik manajemen lalu lintas yang digunakan adalah manajemen kapasitas berupa; kontrol “on street parking”, pelebaran geometrik, optimalisasi lampu lalu lintas dan jalan satu arah. Hasil analisis manajemen lalu lintas tersebut menunjukkan bahwa kinerja jalan pada masing – masing pendekat memiliki nilai tundaan rata-rata simpang baik weekday maupun weekend menunjukan tundaan simpang dengan tingkat pelayanan F dan nilai tundaan rata-rata tertinggi mencapai 413.68 det/smp pada hari kamis weekday dan 283.09 det/smp pada hari sabtu weekend. Dengan kondisi tersebut persimpangan ini merupakan simpang yang jenuh, Untuk alternatif terpilih dengan melakukan skenario adalah dengan skenario penerapan sistem jalan satu arah pada ruas jalan Mt. Haryono dan jalan Mj. Panjaitan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/279/051702072
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 10 Mar 2017 09:58
Last Modified: 23 Oct 2021 15:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145502
[thumbnail of 1._BAB_I__.pdf]
Preview
Text
1._BAB_I__.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._BAB_II_.pdf]
Preview
Text
2._BAB_II_.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_III_.pdf]
Preview
Text
3._BAB_III_.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 6._Daftar_Pustaka_.pdf]
Preview
Text
6._Daftar_Pustaka_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_IV_x.pdf]
Preview
Text
4._BAB_IV_x.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_V_.pdf]
Preview
Text
5._BAB_V_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._Lampiran_.pdf]
Preview
Text
7._Lampiran_.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_.pdf]
Preview
Text
JURNAL_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of P7._LEMBAR_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
P7._LEMBAR_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of P1._SAMPUL.pdf]
Preview
Text
P1._SAMPUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of P8._LEMBAR_SUMMARY.pdf]
Preview
Text
P8._LEMBAR_SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 0._Daftar_isi_.pdf]
Preview
Text
0._Daftar_isi_.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item