Pengaruh Rasio Kompresi Terhadap Kinerja Mesin Otto 4 Langkah Sistem Injeksi Berbahan Bakar Cng

Ekojati, MHudha (2017) Pengaruh Rasio Kompresi Terhadap Kinerja Mesin Otto 4 Langkah Sistem Injeksi Berbahan Bakar Cng. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masih terus digunakannya bahan bakar fosil yang sulit digantikan sampai sekarang akan terus berpengaruh terhadap lingkungan karena hasil gas buang yang dihasilkan dapat menurunkan kualitas udara. Oleh karenanya dibutuhkan sumber bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan dapat terjamin ketersediaannya di masa depan. Salah satu sumber energi yang dapat dijadikan alternatif sebagai pengganti bahan bakar fosil pada motor otto adalah Compressed Natural Gas (CNG). CNG sendiri merupakan jenis bahan bakar yang terbentuk dari gas alam metana (CH4) yang terkompresi pada tekanan penyimpanan 200 bar. Penelitian ini menggunakan mesin otto 4 langkah sistem injeksi satu silinder bervolume 124.8cc dengan ignition timing dan AFR pada kondisi standar. Rasio kompresi divariasikan 9.3 : 1, 10.6 : 1 dan 12.5 : 1 pada putaran mesin dengan variasi putaran 2500-7000 rpm dan interval 500 rpm. Nilai torsi maksimal 0.321 kg×m pada putaran 4500 rpm, daya efektif 3.134 Ps pada putaran 7000 rpm nilai efisiensi termal efektif 20.20 % pada putaran 4500 rpm dan nilai SFCe 0.262 kg×PS-1×jam pada putaran 4500 rpm dengan menggunakan bahan bakar CNG pada rasio kompresi 12.5 : 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/236/051701488
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 06 Mar 2017 14:22
Last Modified: 23 Oct 2021 13:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145454
[thumbnail of JURNAL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
JURNAL_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_BAB_I-V.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item