Rancang Bangun Alat Adaptasi Benih Ikan Nila saat Proses Perpindahan Kolam Budidaya,

Hamzah, BidinYuniar (2016) Rancang Bangun Alat Adaptasi Benih Ikan Nila saat Proses Perpindahan Kolam Budidaya,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, budidaya ikan air tawar menjadi usaha budidaya ikan yang menjanjikan dikalangan masyarakat. Ikan nila yang merupakan salah satu dari tiga primadona ikan air tawar yang diminati masyarakat. Selain karena kandungan gizi dan nilai jual yang cukup tinggi, ikan ini mudah untuk dikembang-biakkan. Petani pembesaran ikan nila tidak memijahkan benih sendiri melainkan membeli benih dari petani pemijah benih ikan, sehingga petani harus membuat benih dapat beradaptasi dengan kolam pembesaran yang kondisinya berbeda dengan kolam pembenihan. Proses adaptasi memakan waktu cukup lama dan dilakukan bertahap oleh para petani dengan mencampurkan air dari kolam pembesaran sedikit demi sedikit ke kolam adaptasi untuk mengurangi kematian ikan secara mendadak. Berdasarkan permasalahan tersebut dalam penelitian ini dirancang alat adaptasi perpindahan kolam budidaya guna mempermudah petani saat proses perpindahan kolam. Alat adaptasi ini akan melakukan pencampuran air kolam pembesaran ke kolam adaptasi secara otomatis. Selain itu ditambahkan sensor suhu dan sensor pH guna memonitoring kondisi pH dan suhu kolam adaptasi, dan menambahkan buzzer sebagai peringatan dini ketika suhu dan pH kolam tidak sesuai. Hasil pembacaan sensor suhu memiliki kesalahan pembacaan ±0,5 oC (pada suhu 20 – 35 oC) dan waktu steady state 30,58 detik, sedangkan sensor pH memiliki kesalahan pembacaan tertinggi 0,18 satuan pH (pada pH 5 - 9) dan waktu steady state 118 detik. Selain itu proses penambahan air oleh pompa ke dalam kolam adaptasi memerlukan waktu 10 detik agar menambahkan volume air sebesar 1,5 liter untuk sekali penyalaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/922/051609968
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Oct 2016 08:49
Last Modified: 22 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145206
[thumbnail of Makalah_Kompre.pdf]
Preview
Text
Makalah_Kompre.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item