Analisis Pengaruh Perkembangan Fungsi Jalan Terhadap Penggunaan Penerangan Jalan Umum,

Wicaksono, Satrio (2016) Analisis Pengaruh Perkembangan Fungsi Jalan Terhadap Penggunaan Penerangan Jalan Umum,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalan Ki Ageng Gribig dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah Kota Malang akan ditingkatkan fungsi jalanya menjadi jalan arteri sekunder dengan lebar jalan 13 meter dan panjang jalan 4000 meter. Dengan adanya peningkatan fungsi jalan tersebut maka diperlukan adanya perencanaan baru lampu penerangan jalan umum agar sesuai dengan kebutuhan penerangan di sepanjang jalan tersebut. Rencana desain penerangan jalan umum yang dibutuhkan meliputi jenis lampu, level itensitas lampu, jumlah titik lampu dan tiang lampu, dan jenis kabel penghantar. Selain itu rumusan masalah juga ditekankan pada ketersediaan sumber daya energi listrik yang berupa banyaknya pemasangan alat pengukur dan pembatas pada penerangan jalan umum. Batasan masalah dalam analisis ini adalah analisis kelayakan ditinjau dari analisis teknis, dan tidak membahasa peralatan keamanan dari penerangan jalan umum. Tujuan dari analisis ini adalah memberikan gambaran mengenai pengaruh perkembangan fungsi jalan terhadap penggunaan penerangan jalan umum. Perencanaan diawali dengan melakukan studi literatur tentang rencana tata ruang wilayah kota dan dasar pengembangan infrastruktur penerangan jalan umum. Kemudian dilakukan identifikasi ruas jalan dan pengumpulan data. Setelah itu dilakukan analisa kelayakan dari perencanaan penerangan jalan umum, agar hasil perencanaan sesuai dengan standar pembangunan infrastuktur penerangan jalan umum. Hasil dari analisa perencanaan penerangan jalan umum ini adalah berupa kebutuhan tinggi dan banyak tiang lampu serta daya lampu yang dibutuhkan untuk penerangan jalan umum. Diharapkan kepada pihak-pihak yang ingin menerapkan metode dalam analisa ini untuk lebih mengembangkan tulisan ini karena masih banyak kekuranganya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/907/051609953
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Oct 2016 11:21
Last Modified: 22 Oct 2021 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145189
[thumbnail of JURNAL_Satrio.pdf]
Preview
Text
JURNAL_Satrio.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Satrio.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Satrio.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Satrio_print_agst_16.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Satrio_print_agst_16.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item