Nugraha, RizkyPratama (2016) Evaluasi Kinerja Persimpangan Bersinyal Jalan Laksamana Martadinata Kota Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persimpangan Jalan Laksamana Martadinata, Kota Malang, di Kecamatan Klojen, Kelurahan Sukoharjo, yang merupakan daerah perdagangan jasa. Jalan tersebut juga merupakan jalan penghubung antar kota. Lalu lintas di Jalan Laksamana Martadinata sangatlah padat. Meskipun di persimpangan ini sudah didukung dengan lampu lalu lintas dan juga fly over, namun masih terjadi kemacetan di persimpangan tersebut. Adanya PKL yang berdagang di pinggir jalan sekitar Jalan Sartono S.H dan juga parkir on street di sekitar PKL tersebut menyebabkan hambatan samping menjadi bertambah, aktivitas angkutan kota yang menjadikan trotoar sebagai terminal bayangan atau tempat menaikkan dan menurunkan penumpang. Lokasi persimpangan yang bersinggungan dengan jalur rel kereta api juga dapat menambah volume kendaraan dan juga tundaan yang terjadi pada simpang tersebut. Tujuan penelitian mengetahui kinerja persimpangan bersinyal Jl. Laksamana Martadinata, Jl. Sartono SH, Jl. Kebalen Wetan, dan Jl. Kolonel sugiono, Kota Malang dengan menghitung nilai kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, dan tundaan. Setelah diketahui hasil tingakt pelayanan simpang tersebut akan dilakukan perencanaan manajemen lalu lintas yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah yang pada persimpangan Jalan Laksamana Martadianta. Hasil dari analisis kinerja persimpangan Jalan Laksamana Martadinata didapatkan bahwa tingkat pelayanan simpang pada weekday dengan nilai paling tinggi yaitu F, untuk tingkat pelayanan pada weekend didapatkan nilai tingkat pelayanan paling tinggi yaitu F. Sedangakan tingkat pelayanan simpang saat kereta api melintas pada saat weekday dan weekend didapatkan hasil dengan nilai F. Setelah dilakukan hasil analisis manajemen kapasitas didapatkan perubahan yang signifikan dengan melakukan penghilangan hambatan samping dan optimalisasi lampu lalu lintas, untuk nilai tingkat pelayanan simpang pada weekday dan weekend didapatkan nilai pelayanan simpang C, namun ketika alternatif tersebut diterapkan saat kereta api melintas nilai tingkat pelayanan simpangnya masih tetap pada nilai F.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2016/906/051609952 |
Subjects: | 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 11:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145188 |
Preview |
Text
BAB_III_SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV_SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II_SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
P1_SAMPUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
P2_LEMBAR_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
P3_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
P4_IDENTITAS_PENGUJI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
P5_PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
P6_LEMBAR_PERUNTUKAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
P8_SUMMARY.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
P7_RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |