Laily, Nuris Sundusil (2017) Kemampuan Penggunaan Joshi De dan Ni pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2016 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Jepang terdapat banyak sekali kosa kata atau pola kalimat yang memiliki kemiripan penggunaan dalam kalimat, salah satunya adalah patikel atau dalam bahasa Jepang biasa disebut joshi. Joshi de dan ni sama-sama memiliki banyak makna dan penggunaan dalam kalimat bahasa Jepang. Penggunaan joshi de dan ni sendiri sudah sering dijelaskan dalam buku Minna no Nihongo I yang digunakan untuk proses belajar mengajar oleh mahasiswa tingkat awal di program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya. Meski beberapa tidak dijelaskan pada satu bab khusus namun penggunaannya sering di jelaskan secara implisit dan tidak menutup kemungkinan para pembelajar bahasa kesulitan dalam mempelajari perbedaan penggunaannya dalam kalimat atau percakapan. Adapun penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana kemampuan mahasiswa pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2016 Universitas Brawijaya terhadap makna dan penggunaan joshi de dan ni dalam kalimat bahasa Jepang ?, (2) Apakah faktor penyebab kesalahan mahasiswa pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2016 Universitas Brawijaya terhadap penggunaan joshi de dan ni dalam kalimat bahasa Jepang? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan angket yang dikerjakan oleh responden. yang dianalisis menggunakan teori penggunaan joshi oleh Kawashima dan faktor penyebab kesalahan bahasa oleh Setyawati. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengetahui perbedaan penggunaan joshi de dan ni yang terdapat dalam buku pembelajaran khususnya penggunaan yang menyatakan tentang waktu dimana suatu tindakan terjadi karena memiliki kesalahan paling sedikit. Namun terkadang masih kebingungan apabila penggunaan joshi de dan ni pada bentuk dan konteks yang sama namun berbeda kosa kata. Ini diakibatkan oleh tidak adanya penjelasan secara khusus di dalam buku pembelajaran sehingga responden hanya menebak-nebak dan mengingat dari contoh soal saja. Namun kebanyakan contoh soal yang ada hanya menggunakan kosa kata yang itu-itu saja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/333/2017/051705165 |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, joshi, de, ni |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar) > 495.657 Japanese (Miscellaneous word classes) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 01:17 |
Last Modified: | 06 Sep 2020 17:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145 |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (678kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (308kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (410kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (349kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (449kB) | Preview |
Text
BAB V.pdf Download (277kB) |
|
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |