Pengontrolan Level Ketinggian Air Pada Tandon Untuk Gedung Bertingkat Guna Penghematan Pemakaian Daya Elektrik

Rizal, KemasMuhammad (2016) Pengontrolan Level Ketinggian Air Pada Tandon Untuk Gedung Bertingkat Guna Penghematan Pemakaian Daya Elektrik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Air merupakan sumber daya yang sangat diperlukan mahluk hidup baik untuk memenuhi kebutuhan maupun menopang hidupnya secara alami. Kegunaan air yang bersifat universal atau menyeluruh dari setiap aspek kehidupan menjadi semakin berharganya air baik secara kuantitas maupun kualitas. Dalam pemakaiaan air sering terjadi pemborosan yang terjadi ditempat-tempat penampungan air seperti tandon air. Seiring dengan perkembangan teknologi, dibuatlah suatu alat penampung air berupa tandon yang pengisiaanya menggunakan pompa air untuk mengalirkan air yang dilengkapi dengan sistem pengontrolan level ketinggian air pada tandon untuk gedung bertingkat guna penghematan pemakaiaan daya elektrik. Pengotrolan dilakukan dengan membandingkan penggunaan kontroler PID dan kontroler on-off untuk mengetahui seberapa besar penggunaa daya elektrik pada kedua kontroler tersebut. Pada penggunaan kontroler PID didapatkan nilai parameter Kp= 20.19, Ki= 43.89, dan Kd= 2.32, sehingga dapat mempercepat sistem untuk mencapai keadaan steadystate sesuai dengan setpoint. Sedangkan pada kontroler on-off hanya memiliki dua keadaan yakni batas atas dan batas bawah yang membuaat sistem tidak dapat mencapai keadaan steadystate sesuai setpoint. Dengan menggunakan kedua kontroler tersebut menunjukan bahwa kontroler PID lebih hemat pada penggunaan pemakaiaan daya elektrik dibandingkan dengan menggunakan kontroler on-off.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/674/051608674
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 15 Sep 2016 08:36
Last Modified: 21 Oct 2021 12:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144920
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-5.pdf]
Preview
Text
BAB_1-5.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_JURNAL.pdf]
Preview
Text
COVER_JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item