Sistem Pengendali Kecepatan Motor DC Pada Konveyor Barang Menggunakan Kontroler PI Berbasis Arduino Uno

Putra, RaySelvyFirmansyah (2016) Sistem Pengendali Kecepatan Motor DC Pada Konveyor Barang Menggunakan Kontroler PI Berbasis Arduino Uno. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konveyor merupakan suatu sistem mekanik yang mempunyai fungsi memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Konveyor banyak dipakai di industri untuk transportasi barang yang jumlahnya sangat banyak dan berkelanjutan. Dalam kondisi tertentu, konveyor banyak dipakai karena mempunyai nilai ekonomis dibanding transportasi berat seperti truk dan mobil pengangkut. Komponen utama pada konveyor salah satunya yaitu motor direct current (DC), yang mana berfungsi sebagai penggerak pada konveyor. Oleh sebab itu, motor DC harus dijaga agar dapat mempertahankan kecepatan putar pada konveyor saat terjadi gangguan berupa perubahan berat beban material dengan tetap mempertahankan keluaran sistem sesuai dengan setpoint yang diinginkan. Hal ini sangat penting dilakukan agar konveyor dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melakukan pengendalian kecepatan motor DC pada konveyor barang dengan menggunakan kontroler PI. Respon motor DC dengan kontroler PI yang memiliki penguatan Kp = 1.6326 dan Ki = 5 yang didapat menggunakan metode root locus setelah implementasi dengan setpoint 145 rpm dan gangguan berupa timbel dengan berat 0.5 kg, 1 kg, serta 1.5 kg, memiliki error steady state berada dibawah toleransi 2% dengan settling time masing-masing 12.4 ms, 16.8 ms, dan 21.7 ms. Setelah mengalami perlambatan ketika diberi gangguan, sistem dapat kembali pada keadaan steady state sesuai setpoint dengan recovery time yang sangat cepat. Sehingga dapat diketahui bahwa kontroler bekerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/444/051606155
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 03 Aug 2016 13:55
Last Modified: 22 Oct 2021 04:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144648
[thumbnail of Laporan_Akhir_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Akhir_Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item