Rekayasa Arus Lalu Lintas dengan Menggunakan ARENA Software untuk Meminimalkan Antrian Kendaraan pada Persimpangan

Syahputra, Ersa (2016) Rekayasa Arus Lalu Lintas dengan Menggunakan ARENA Software untuk Meminimalkan Antrian Kendaraan pada Persimpangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemacetan lalu lintas merupakan keadaan yang sering terjadi di beberapa kota yang muncul seiring dengan pertambahan jumlah penduduk sehingga menyebabkan pertumbuhan jumlah kendaraan transportasi yang mengakibatkan semakin padatnya arus lalu lintas. Antrian kendaraan yang panjang merupakan permasalahan yang muncul saat terjadi kemacetan di persimpangan. Kejadian antrian disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga kendaraan yang tiba tidak bisa segera mendapat layanan. Perbaikan arus lalu lintas perlu dilakukan untuk mengurangi masalan antrian kendaran yang panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang skenario untuk mengatasi kemacetan dan menentukan skenario terbaik untuk mengurangi waktu tunggu antrian di Persimpangan Bogor Veteran, Malang dengan metode simulasi menggunakan software ARENA 5.0. Terdapat beberapa tahap penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan. Tahap pertama adalah identifikasi masalah dengan melakukan pengamatan secara langsung untuk mengamati keadaan pada persimpangan Bogor Veteran, Kota Malang. Tahap kedua adalah melakukan pengumpulan data sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Tahap ketiga adalah melakukan pengolahan data untuk keperluan penelitian. Tahap keempat adalah melakukan pembuatan simulasi dari sistem nyata dengan menggunakan software ARENA 5.0. Tahap kelima adalah tahap analisis dan pembahasan berdasarkan simulasi yang telah dibuat dan pengolahan data yang telah dilakukan. Tahap keenam adalah tahap perancangan skenario perbaikan berdasarkan masalah yang sudah ditemukan. Tahap terakhir adalah tahap pemilihan alternatif skenario terbaik yang mampu mengatasi permasalahan pada persimpangan Bogor Veteran, Kota Malang saat ini. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terpilihnya alternatif skenario perbaikan penerapan 2 fase sinyal untuk menggantikan fase yang ada saat ini yaitu 3 fase sinyal di persimpangan Bogor Veteran, Kota Malang pada waktu pagi hari pukul 06.10-07.10 WIB, siang hari pukul 11.50-12.50 WIB, dan sore hari pukul 16.10-17.10 WIB. Hal ini berdasarkan berkurangnya maksimal waktu tunggu kendaraan pada setiap ruas jalan di persimpangan Bogor Veteran, kemudian keseimbangan waktu tunggu kendaraan menjadi lebih baik dengan menerapkan 2 fase sinyal di persimpangan Bogor Veteran, Kota Malang, dan nilai derajat kejenuhan menunjukan nilai yang berada disekitar bahkan dibawah nilai yang diharapkan unuk nilai derajat kejenuhan disuatu persimpangan berdasarkan MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) yaitu 0,75.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/32/051601738
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Mar 2016 09:30
Last Modified: 22 Oct 2021 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144510
[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FIX.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CCF04022016_0011.pdf]
Preview
Text
CCF04022016_0011.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CCF04022016_0010.pdf]
Preview
Text
CCF04022016_0010.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item