Rekayasa Pemotong Tegangan Lebih Impuls Menggunakan Elektroda Spiral,

Riadi, RizkiTofan (2016) Rekayasa Pemotong Tegangan Lebih Impuls Menggunakan Elektroda Spiral,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada buku skripsi ini menguraikan hasil penelitian tentang rekayasa pemotong tegangan lebih impuls menggunakan elektroda spiral dengan tingkat pemotongan 1,5 kV. Pada penelitian ini dilakukan pengujian untuk mengetahui karakteristik dari arester elektroda spiral. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian pengaruh jarak sela terhadap tegangan potong arester elektroda spiral, pengujian pengaruh diameter terhadap tegangan potong arester elektroda spiral, dan pengujian pengaruh panjang terhadap tegangan potong arester elektroda spiral. Selain itu dilakukan pula pengujian untuk mengetahui tegangan tembus arester alektroda spiral dengan menggunakan metode naik-turun. Untuk mendapatkan kurva karakteristik tegangan-waktu dari arester elektroda spiral dilakukan pengujian dengan memberikan variasi tegangan masukan sampai 30 kV. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa Penentuan dimensi dalam rekayasa pemotong tegangan lebih impuls susunan elektroda tabung dan spiral pada tingkat proteksi 1500V pertama dilakukan dengan pengujian variabel jarak sela terlebih dahulu karena memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap tegangan potong. Kemudian dilakukan pengujian dengan variabel diameter dan panjang arester agar mendapatkan tegangan potong yang lebih mendekati 1500V. Dari hasil pengujian didapatkan dimensi jarak sela 0,4 mm, diameter 21 mm, dan panjang 56,3 mm. Karakteristik pemotong tegangan lebih impuls susunan elektroda tabung dan spiral pada tegangan masukan sebesar 20 kV didapatkan tegangan potong 1,5 kV dan waktu potong sebesar 113 ns. Didapatkan kurva karakteristik tegangan-waktu arester dengan semakin cepat waktu potong maka tegangan potongnya semakin besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/141/051601847
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Mar 2016 12:50
Last Modified: 22 Oct 2021 01:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144302
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item