Rancang Bangun Transmisi Data Berbasis Wireless pada Micro Smart Grid

Iman, MochamadChoiril (2016) Rancang Bangun Transmisi Data Berbasis Wireless pada Micro Smart Grid. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan energi listrik terus meningkat setiap tahun. Peningkatan kebutuhan listrik dapat disebabkan oleh penggunaan energi listrik yang tidak efisien. Pembangunan micro smart grid sistem merupakan upaya peningkatan efisiensi penggunaan energi listrik. Maka perlu adanya sebuah alat yang dapat memantau penggunaan tenaga listrik. Salah satu point dari monitoring adalah transmisi data. Alat ini menggunakan transmisi data wireless yang memiliki keunggulan yaitu mengurangi tingkat kerumitan pada penggunaan kabel. Pada alat ini modul wireless yang digunakan adalah XBee karena memiliki jarak transmisi yang cukup jauh serta aman dari hacking. Slave yang digunakan berjumlah 3 buah yang masing – masing mengirimkan data berupa pembacaan sensor arus maupun tegangan. Setelah dikirimkan data dari slave kemudian diterima oleh master dan diteruskan ke komputer melalui kabel USB. Kemudian data hasil pembacaan sensor diubah menjadi nilai arus, tegangan, daya, energi dan kapasitas baik dari sumber, baterai maupun beban. Data tersebut kemudian ditampilkan dalam bentuk grafik maupun nilai arus, tegangan daya, energi dan kapasitas secara real time. Alat ini tidak hanya bekerja pada single point tapi juga multipoint. Metode yang digunakan dalam alat ini adalah metode komunikasi simplex. Semakin jauh jarak transmisi data maka data yang diterima semakin berkurang. Pada transmisi data outdoor jarak transmisi yang persentase keberhasilan 100% mencapai jarak 80 m. Halangan yang paling mempengaruhi adalah kaca. Pada transmisi data indoor halangan berupa tembok sangat berpengaruh, hal ini dibuktikan persentase keberhasilan 100% hanya sampai jarak 20 m. Lebar data maksimum yang dapat ditransmisikan dengan persentase keberhasilan 100% adalah 260 byte.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/122/051601828
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:03
Last Modified: 22 Oct 2021 01:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144281
[thumbnail of Laporan_Rancang_Bangun_Transmisi_Data_Berbasis_Wireless_pada_Micro_Smart_Grid.pdf]
Preview
Text
Laporan_Rancang_Bangun_Transmisi_Data_Berbasis_Wireless_pada_Micro_Smart_Grid.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 2-2HalamanIdentitasTimPengujiSkripsi.pdf]
Preview
Text
2-2HalamanIdentitasTimPengujiSkripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1Cover.pdf]
Preview
Text
1Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4PernyataanOrisinalitas.pdf]
Preview
Text
4PernyataanOrisinalitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2-1LembarPengesahan.pdf]
Preview
Text
2-1LembarPengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3LembarPeruntukan.pdf]
Preview
Text
3LembarPeruntukan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item