Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Agustus 2015, Usulan Perencanaan Tata Letak Gudang Material Menggunakan Kebijakan Class Based Storage di CV.

Darma, AnggaSistya (2015) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Agustus 2015, Usulan Perencanaan Tata Letak Gudang Material Menggunakan Kebijakan Class Based Storage di CV. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tata letak penyimpanan merupakan bagian dari sistem manajemen pergudangan. Tata letak yang baik akan membuat sistem pergudangan berjalan dengan efisien. CV. Dharma Kencana merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi. Pada peletakan material di perusahaan ini masih terdapat beberapa hal yang kurang efisien dalam penyimpanan maupun pengambilan material. Sehingga dilakukan dengan perencanaan ulang tata letak gudang material untuk memperudah dalam penyimpanan dan pengambilan materialdi dalam didalam gudang. Pada penelitian ini menggunakan kebijakan Class Based Storage (CBS) untuk meminimumkan waktu atau jarak yang dihabiskan dalam penyimpanan dan penarikan, serta melakukan perhitungan jarak terendah, dengan melakukan usulan tata letak menggunakan alternatif layout dengan dua perbandingan layout yaitu layout dengan posisi vertikal atau layout A dan untuk satu layout lagi yaitu dengan layout posisi horizontal atau layout B. Untuk mengetahui layout terbaik dengan jarak terdekat dari I/O yaitu dengan melakukan mengetahui frekuensi perpindahan material, kemudian melakukan pengurutan troughtput dan pembentukan kelas setelah itu menghitung kebutuhan rak yang akan digunakan, melakukan perhitungan luas penyimpanan kemudian melakukan perancangan tata letak usulan dan memilih layout terbaik berdasarkan jarak selanjutnya dari jarak yang dihasilkan ini akan mejadi prioritas dalam pemberian usulan perbaikan yang tepat dan sesuia dengan masalah dan kondisi di gudang CV, Dharma Kencana. Usulan rekomendasi perbaikan yang diberikan terkait dengan jarak yang paling terdekat adalah melakukan peletakan material sesuai dengan kelas A diletakkan terdekat dari I/O selanjutnya untuk kelas B dan Kelas C yang terjauh dan memberikan rak yang sesuai dengan bentuk dan berat material yang ada yaitu dengan menggunakan rak heavy duty cantilever rack, bulk storage rack, dan Custom rack, setelah itu jarak yang paling terdekat dari usulan layout alteratif yang diberikan terhadap CV. Dharma Kencana yaitu dengan jarak 2.807.726,16 m /tahun. Setelah dilakukan rekomendasi usulan perbaikan terhadap layout terpilih dengan jarak yang terdekat, maka harapannya dapat memudahkan operator perusahaan dalam penyimpanan dan penarikan material dan serta meminimasi waktu produksi sehingga proses prduksi yang dilakukan lebih efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/781/051506960
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 21 Oct 2015 15:13
Last Modified: 21 Oct 2021 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143933
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf] Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_isi,_tabel,_gambar,_SUMMARY.pdf] Text
Daftar_isi,_tabel,_gambar,_SUMMARY.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_V.pdf] Text
BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_II.pdf] Text
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB_I.pdf] Text
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item