Analisa Stakeholder Satisfaction Pada Gudang Swalayan Berbasis Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Wio, NurKasminSadhu (2015) Analisa Stakeholder Satisfaction Pada Gudang Swalayan Berbasis Metode Importance Performance Analysis (IPA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. PLN (Persero) Area Malang adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang kelistrikan dan merupakan pemasok tunggal listrik di seluruh wilayah Indonesia, namun di dalam perkembangannya perusahaan ini belum mampu memberikan kepuasan yang maksimal. Salah satu pengembangan bisnis yang baru dilakukan oleh PT. PLN adalah penyediaan material teknik melalui gudang swalayan. Namun, kondisi gudang swalayan PT. PLN Area Malang ini masih dalam tahap pengembangan sehingga PT. PLN ingin mengetahui tingkat kepuasan stakeholder terhadap sistem baru pada gudang swalayan. Dari permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengidentifikasi atribut kepuasan stakeholder pada PT. PLN Area Malang, mengukur kepuasan stakeholder pada PT. PLN Area Malang, dan menentukan rekomendasi perbaikan stakeholder pada PT. PLN Area Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Importance Performance Analysis (IPA). IPA adalah suatu model multi-atribut dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan penawaran pasar dengan menggunakan dua kriteria yaitu kepentingan relatif atribut dan kepuasan konsumen.Hasil dari penggunaan metode IPA diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap para stakeholder. Dari hasil metode IPA maka dihasilkan 5 atribut dengan nilai TKI yang terendah, salah satunya adalah penempatan rak barang dengan nilai TKI sebesar 0.66129. nilai terendah selanjutnya adalah pelaksanaan standar operasional prosedur (SOP) yang sesuai, jelas, dan tertulis dengan nilai TKi sebesar 0,662651. Untuk rekomendasi atribut yang pertama disarankan melakukan peremajaan rak lama dengan yang baru. Untuk rekomendasi atribut yang kedua disarankan melakukan sosialisasi SOP baik secara lisan (saat melakukan pelayanan) maupun secara tulisan (penempatan di tempat yang strategis dan mudah terlihat).

English Abstract

PT. PLN (Persero) Malang Area is a Badan Usaha Milik Negara (BUMN) which is active in electrical engineering and a sole supplier of electricity in all parts of Indonesia. As a matter of fact, on its development process this company has not been able to provide maximum satisfaction. One of the development of new business conducted by PT. PLN is the provision of engineering materials through self-service warehouse.However, the condition of self-service warehouse PT. PLN Malang Area is still in the development stage, so PT. PLN would like to know the level of satisfaction of stakeholders on the new system at the supermarket warehouse. Based on these problem, it is necessary to identify the attributes of stakeholder satisfaction, measure the stakeholder satisfaction, and determine recommendations for improvement of stakeholders in PT. PLN Malang Area. The method used on this research is Importance Performance Analysis (IPA) method. IPA is a model of multi-attribute to identify the strengths and weaknesses of the market supply with using two criterias: the relative importance of attributes and customer satisfaction.Results of the use about this IPA method is expected to provide recommendations for improvement to provide satisfactory service between stakeholders. From the result of using IPA method it was identified 5 attributes with the lowest degree of suitability index (TKI) score, the lowest attribute was shelves placement with degree of suitability index (TKI) score equal to 0.66129. The second lowest attribute is the standard operational procedure (SOP) which are clearly and appropriately implemented, and it is informed well in a written form, with degree of suitability index (TKI) score equal to 0,662651. For the lowest attribute it can be recommended to do a certain renovation and maintenance or exchange the old shelves with the new one. For the second lowest attribute it can be recommended to do a socialization program related to the implementation of SOP not also orally but also writtenly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/653/ 051506832
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 26 Oct 2015 14:45
Last Modified: 26 Oct 2015 14:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143785
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item