Studi Perancangan Sistem Tenaga Angin Skala Kecil Untuk Model Turbin Siklun

Permadi, AkhmadFrandicahya (2015) Studi Perancangan Sistem Tenaga Angin Skala Kecil Untuk Model Turbin Siklun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Energi merupakan masalah utama pertumbuhan dan perkembangan ekonomi disuatu wilayah. Mahalnya harga bahan bakar yang berasal dari minyak dan gas bumi serta batu bara sebagai sumber utama pada pembangkitan energi listrik telah memaksa semua pihak untuk menggali sumber-sumber energi alternatif yang mungkin tersedia di sekitar kita, energi alternatif sering disebut energi baru dan terbarukan. Penelitian ini bertujuan dapat menganalisis efisiensi dari sistem, pengaruh variasi kecepatan angin, terhadap proses pengisian baterai (output), mengetahui besar biaya dan tinjauan ekonomis lainya dari pembangkit energi tenaga angin dengan turbin siklun dan membandingkan dengan sistem energi yang sudah ada (PLN). Penelitian diawali dengan pengambilan data lapangan, kecepatan angin, perhitungan daya angin, perancangan mekanikal dan perancangan elektrikal, untuk mengekstrak energi angin menjadi energi listrik. Pengujian pada variasi kecepatan angin, sebagai upaya cerminan keadaan sesungguhnya, turbin memutar roda gigi dengan rasio 1:6, menghasilkan output seperti volt dan arus, akibat putaran generator. Pengujian di dapatkan nilai output pada generator 7,18 volt , dan pada booster 13,03 Volt, pada kecepatan angin 5,33 meter per detik dengan arus sebesar 2,04 Amper sehingga dapat dihitung output daya pada generator sebesar 14.65 Watt dan pada booster 26.58 Watt. Dari data keluaran dilakukan analisis ekonomi, menghitung cost per kWh sistem sebesar Rp 489,25,- dimana cost per kWh PLN Rp 415,-. Payback period yang merupakan informasi seberapa lama investasi akan kembali juga dihitung, jika di dasarkan tarif PLN maka Payback periode mencapai 19,3 tahun sedang berdasar cost per kWh sistem, mencapai 15 tahun dengan perkiraan biaya perawatan tahunan 3%. Selanjutnya ini digunakan sebagai dasar waktu investasi untuk menghitung ROI dimana nilainya adalah 0,85 atau 85% yang berarti investasi sistem ini masih perlu penyempurnaan untuk dilaksanakan. Implementasi sistem dilakukan guna melihat sistem operasi secara langsung didaerah uji dengan kecepatan angin maksimum 8.69m/s yang menghasilkan putaran generator sebesar 283 rpm dan tegangan generator 12 Volt dengan arus pengecasan 2.31 Amper.Pembebanan yang dilakukan terpisah, dengan beban 5 Watt kapasitas aki turun hingga 83%, sedang beban 10 Watt 67% dan pengujian dengan beban 15 Watt turun hingga 50%. Perhitungan nilai NPC dengan menggunakan program Homer nilainya sebesar 171 USD atau setara Rp. 2.220.777,- dengan kurs 1 USD adalah Rp. 12.987,- . Program Homer adalah program perhitungan cepat untuk investasi pembangkit dalam format USD dengan skala yang lebih besar atau lebih dari satu pembangkit dan bisa meningkatkan pengetahuan dalam analisis ekonomi lainnya. Akhirnya, detail penelitian lebih lanjut dan mendalam mengenai turbin angin siklun yang lebih efisien, generator yang mampu mengekstrak energi lebih besar perlu terus dikembangkan sehingga manfaatnya dapat lebih dirasakan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/644/051506823
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Oct 2015 10:02
Last Modified: 21 Oct 2021 04:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143773
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_GAMBAR_LAMPIRAN_AND_TABEL_.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_GAMBAR_LAMPIRAN_AND_TABEL_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_III_.pdf]
Preview
Text
Bab_III_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
Text
Bab_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
Text
Bab_V.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
Text
Bab_II.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item