Perancangan Alat Fermentasi Kakao Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno

Negara, AnggaraTruna (2015) Perancangan Alat Fermentasi Kakao Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perancangan alat fermentasi kakao otomatis diharapkan dapat mempermudah pekerjaan petani kakao pada saat proses pembalikan dan pengadukan fermentasi kakao berdasarkan suhu yang tepat. Pengendalian kecepatan motor DC yang disesuaikan dengan suhu fermentasi kakao yang tepat pada proses pembalikan atau pengadukan dapat menyempurnakan alat fermentasi kakao konvensional yang masih diputar secara manual. Digunakan Kontroler PID untuk mengurangi kesalahan, sehingga putaran motor dapat sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Pada skripsi ini digunakan metode kedua dari teori Ziegler-Nichols. Dalam pembuatannya digunakan Arduino Uno, sensor suhu LM35, sensor rotary encoder, motor DC. Dari hasil pengujian kontroler PID pada alat dengan menggunakan metode teori Ziegler-Nichols. Didapatkan parameter PID dengan nilai Kp=0,6, Ki=0,324, dan Kd=0,2775 yang menunjukkan bahwa respons sistem untuk pengendalian kecepatan putaran pada alat fermentasi kakao memiliki error steady state sebesar 4,3% serta mengalami overshoot kurang dari 70 ms.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/52/051500651
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Feb 2015 12:00
Last Modified: 21 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143628
[thumbnail of Skripsi_Perancangan_Alat_Fermentasi_Kakao_Otomatis_Berbasis_Mikrokontroler_Arduino_UNO.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Perancangan_Alat_Fermentasi_Kakao_Otomatis_Berbasis_Mikrokontroler_Arduino_UNO.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item