Pengaruh Fungsi Restoratif Ruang Terbuka Hijau Publik terhadap Urban Stress Masyarakat Perkotaan Studi Kasus Taman Bungkul Kota Surabaya

Fauziah, Hestina (2015) Pengaruh Fungsi Restoratif Ruang Terbuka Hijau Publik terhadap Urban Stress Masyarakat Perkotaan Studi Kasus Taman Bungkul Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepadatan penduduk yang tinggi, polusi, kebisingan, dan kemacetan dapat memicu terjadinya urban stress. Urban stress adalah keadaan fisik atau mental yang disebabkan perkembangan kehidupan kota yang menimbulkan ketegangan dan kepenatan pada seseorang. Semakin tinggi tingkat urbanisasi yang terjadi pada daerah perkotaan, maka akan meningkatkan tingkat kebutuhan ekologis masyarakat kota tersebut, kebutuhan untuk dapat berekreasi di ruang terbuka hijau yang dapat menyehatkan serta dapat mengurangi beban stres sehari-hari mereka (Casagrande, 2001). Pemenuhan ruang terbuka hijau publik pada kawasan perkotaan diharapkan memiliki manfaat restoratif sebagai sarana rekreasi dan restorasi bagi masyarakat perkotaan. Hal tersebut terlihat dari konsep ruang terbuka hijau publik Taman Bungkul Kota Surabaya yang menggunakan konsep entertainment, sport, dan education yang dilengkapi berbagai fasilitas. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat urban stress masyarakat perkotaan pengunjung Taman Bungkul dan untuk mengetahui pengaruh fungsi restoratif Ruang Terbuka Hijau Publik terhadap urban stress masyarakat perkotaan pengunjung Taman Bungkul Kota Surabaya. Dengan demikian dapat diketahui pengaruh dari ketersediaan RTH Publik perkotaan dengan psikologi lingkungan perkotaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif evaluatif, pengukuran tingkat urban stress menggunakan skala likert dengan item-item pernyataan berdasarkan respon emosi, tingkah laku, dan kognitif, sedangkan untuk menganalisis pengaruh fungsi restoratif terhadap urban stress menggunakan analisis PLS (Partial Least Square) dengan variabel bebas (x) adalah fungsi restoratif dari variabel Perceived Restorativeness Scale (PRS) yaitu being away, extent, fascination, dan compatibility, sedangkan variabel terikat (y) adalah urban stress berdasarkan respon emosi, tingkah laku dan kognisi. Melalui analisis tersebut diketahui fungsi restoratif Taman Bungkul yang memberikan pengaruh terhadap tingkat urban stress yang dialami masyarakat perkotaan pengunjung Taman Bungkul. Pada model pengukuran hasil analisis PLS diketahui fungsi restoratif berpengaruh positif terhadap urban stress dengan fungsi restoratif dominan adalah fascination sebesar -0.324. Hal tersebut berarti semakin kuat fungsi restoratif Taman Bungkul maka urban stress yang dialami masyarakat perkotaan pengunjung Taman Bungkul memiliki kecenderungan lebih rendah, sehingga diperlukan peningkatan fungsi restoratif Taman Bungkul sebagai salah satu fasilitas kota yang memberikan kenyamanan psikologis bagi warga kota.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/326/051504321
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Aug 2015 14:26
Last Modified: 22 Oct 2021 21:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143400
[thumbnail of 4._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
4._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_II.pdf]
Preview
Text
6._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_I.pdf]
Preview
Text
5._BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_III.pdf]
Preview
Text
7._BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
8._BAB_IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_V.pdf]
Preview
Text
9._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER_&_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1._COVER_&_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
2._RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item