Studi Perencanaan Sistem Penyediaan Air Bersih di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar.

AriDonya, Swesty (2015) Studi Perencanaan Sistem Penyediaan Air Bersih di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini kebutuhan air bersih untuk air minum termasuk mandi, cuci, dan kakus (MCK) di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar mengandalkan bantuan jaringan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), memanfaatkan sumber mata air Gemplah dan pada saat musim kemarau selalu mengalami kekeringan. Dengan tidak dapat dijaminnya kelangsungan ketersediaan air minum khususnya pada musim kemarau maka pengadaan penyediaan air minum di daerah ini sangat mendesak. Salah satu usaha untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah ini adalah dengan memanfaatakan kapasitas debit sumber mata air Gemplah yang belum termanfaatkan secara maksimal, yang terletak di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan air sumber sampai dengan tahun 2029 serta mengetahui kondisi hidrolis yang ada. Simulasi jaringan pipa dilakukan dengan bantuan program WaterCAD ver 8 XM Edition. Besarnya kebutuhan air disesuaikan dengan permintaan daerah yang dilayani. Dapat diketahui total debit yang tersedia di RD Sumber Gemplah desa Serang sebesar 5,0 liter/detik, dan berdasarkan analisa hasil perhitungan diketahui bahwa besar total debit yang harus ada untuk bisa melayani 100% kebutuhan penduduk sebesar 6,06 liter/detik untuk daerah pelayanan RD Sumber Gemplah. Perhitungan dilakukan dengan simulasi kondisi tidak permanen dengan kebutuhan air berubah sesuai dengan kebutuhan tiap jamnya. Berdasarkan hasil akhir simulasi, dengan bantuan program WaterCAD v8 XM Edition, bahwa sistem jaringan pipa dapat berjalan dengan sempurna dengan perencanaan volume tandon. Hal ini berdasarkan kondisi tekanan yang sudah sesuai dengan syarat perencanaan dan kondisi tandon yang mampu untuk memenuhi kebutuhan air bersih di daerah studi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/172/051501664
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 27 Feb 2015 14:33
Last Modified: 22 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143222
[thumbnail of 03._ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
03._ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 04._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
04._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 05._BAB_I.pdf]
Preview
Text
05._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 06._BAB_II.pdf]
Preview
Text
06._BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 07._BAB_III.pdf]
Preview
Text
07._BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 08._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
08._BAB_IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 09._BAB_V.pdf]
Preview
Text
09._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 01.COVER.pdf]
Preview
Text
01.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 02._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
02._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item