Perancangan Instalasi Listrik Pada Blok Pasar Modern Dan Apartemen Di Gedung Kawasan Pasar Terpadu Blimbing Malang

Santoso, Iksan (2014) Perancangan Instalasi Listrik Pada Blok Pasar Modern Dan Apartemen Di Gedung Kawasan Pasar Terpadu Blimbing Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Apartemen, Hotel, Trade center dan juga lahan parkir merupakan salah satu bangunan yang direncanakan akan dibangun di daerah BlimbingMalang Provinsi Jawa Timur dalam satu gedung kawasan Pasar Terpadu. Bangunan ini terdiri dari beberapa blok yaitu Blok Pasar Modern dan Apartemen, blok ruko dan Pasar Modern, blok Condotel, dan blok Pasar Tradisional. Blok Pasar Modern dan Apartemen terdapat stand sejumlah 217 unit pada lantai 1-4, meeting room dan 19 unit food court pada lantai 5, dan Apartemen sejumlah 234 unit yang terletak pada lantai 6-14. Pada lantai 15 terdapat penthouse dan ruang refleksi dan spa. Gedung ini dibangun diatas tanah seluas ±3385,2 m^2 dengan tinggi 52,50 m. Data tersebut adalah data sekunder yang didapatkan dari Unit Usaha dan Kerjasama Badan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Skripsi ini mengkaji mengenai rancangan instalasi listrik padaBlok Pasar Modern dan Apartemen di gedung kawasan Pasar Tepadu Blimbing Malang yang sesuai dengan standar PUIL dan standar-standar yang ada. Di dalam penelitian ini meliputi perancangan instalasi penerangan listrik, penentuan kapasitas AC pada Apartemen, pembagian daya tersambung, penentuan penghantar, drop tegangan dan setting pengaman arus serta desain gambar instalasinya.Penentuan titik lampu menggunakan software DIALux untuk mendapatkan pencahayaan yang merata.Dalam instalasi penerangan buatan ditentukan intensitas penerangan (lux) dan kapasitas AC pada instalasi daya listrik yang sesuai dengan fungsi ruang. Untuk penentuan kabel sebesar 1,25 kali besar arus nominal sebagai faktor keamanan.Pengaturan penggunaan daya dan penerangan serta beban listrik dalam hal ini dimaksudkan untuk menciptakan suatu ruangan yang nyaman dengan penggunaan daya yang effisien dan tidak berlebihan serta mengacu pula pada penghematan energy. Sasaran dan tujuan utama yang ingin dicapai dari sebuah perancangan instalasi listrik pada Pasar Modern dan Apartemen ini adalah kebutuhan energy listrik di gedung tersebut tercukupi, terjaminnya keamanan seluruh pengguna energy listrik di Gedung tersebut, memperlancar seluruh kegiatan dan aktifitas yang dilakukan di gedung tersebut.Digedung kawasan pasar terpadu ini membutuhkan daya sebesar 669490 VA yang dibagi menjadi 5 MEE. MEE Condotel sebesar 224580 VA, MEE Apartemen 156117 VA, MEE 1 sebesar 126000 VA, MEE 2 sebesar 124560 VA dan untuk motor sebesar 37333 VA. Dengan drop tegangan di kWh meter terjauh dari MDP yaitu sebesar 7,41 volt atau sebesar 3, 37%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/93/051401232
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Feb 2014 13:50
Last Modified: 22 Oct 2021 01:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143130
[thumbnail of laporan_skripsi_fix.pdf]
Preview
Text
laporan_skripsi_fix.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item