Analisis Teknik dan Ekonomi Power Hibrida (Photovoltaic-PLN) di Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Mulia, LikySaputra (2014) Analisis Teknik dan Ekonomi Power Hibrida (Photovoltaic-PLN) di Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagaimana diketahui bahwa matahari adalah sumber penghidupan bagi makhluk hidup, yang diciptakan Tuhan sebagai suatu kelengkapan unsur jagat raya. Energi matahari tersedia dalam jumlah yang sangat besar, tidak bersifat polutif, tidak akan habis namun gratis. Terkadang kita kurang menyadari fungsi danmanfaat matahariterhadap penghidupan makhluk seolah-olah pemanfaatannya adalah otomatis. Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang merupakan salah satu pelanggan PT. PLN (Persero) Wilayah Malang. Jika terjadi pemadaman energi listrik maka kegiatan pelayanan adminstrasi akademik akan terganggu akibat padamnya energi listrik tersebut. Penelitian ini berdasarkan pada aspek teknik yang menyangkut kemungkinan untuk dikerjakan dan aspek ekonomi yang menyangkut keuntungan. Beban listrik pengujian berupa beban penerangan dan beban listrik lainnya pada gedung layanan akademik jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang. Data dari beban listrik pada gedung layanan akademik jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang, dapat ditentukan jumlah panel surya, jumlah baterai, serta jenis BCR dan inverter yang digunakan. Hasil konfigurasi sistem adalah 6 panel surya 205Wp, 16 biji baterai bank 12V 110AH, 1kW konventer dan dengan program HOMER hasil pengujian analisis ekonomi konfigurasi dipilih Total Net Present Cost (NPC) yaitu $2.575, dengan Initial Capital Cost $2.257 dan Cost of Energy (COE) $0.152/kWH.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/762/051500760
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Feb 2015 13:46
Last Modified: 22 Oct 2021 01:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143101
[thumbnail of Skripsi_Liky_Siap_Cetak.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Liky_Siap_Cetak.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item