Ayunda, Stefani (2017) Analisis Dan Mitigasi Risiko Pengembangan Produk Menggunakan Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process Dan Fuzzy Analytic Network Process (Studi Kasus CV. Cita Nasional, Salatiga). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengembangan Produk Dapat Menentukan Sukses Atau Tidaknya Suatu Perusahaan Industri. Pada Umumnya, Tahapan Pengembangan Produk Yaitu Penemuan Gagasan, Penyaringan Ide, Pembentukan Konsep, Pengembangan Prototype, Uji Pasar, Dan Komersialisasi. Seperti Yang Dilakukan Oleh CV. Cita Nasional Yang Akan Melakukan Pengembangan Produk Berupa Produk Puding Susu Sebagai Alternatif Produk Berbahan Baku Susu. Setiap Tahapan Tersebut Juga Akan Disertai Dengan Berbagai Macam Risiko. Oleh Karena Itu, Diperlukan Upaya Untuk Meminimumkan Risiko Melalui Analisis Identifikasi Risiko. Metode Yang Dapat Digunakan Adalah Dengan Melakukan Pembobotan Risiko Dengan Menggunakan Metode Fuzzy,Selanjutnya, Data Tersebut Digunakan Untuk Merumuskan Strategi Mitigasi Risiko Dengan Menggunakan Metode Fuzzy ANP. Hasil Dari Penelitian Menunjukan Risiko Dengan Bobot Tertinggi Yaitu Risiko Kemungkinan Perubahan Keinginan Konsumen Pada Tahap Pengembangan Dan Pengujian Konsep. Prioritas Strategi Yang Terpilih Meliputi Pengembangan Desain & Varian Produk Sesuai Dengan Keinginan Konsumen Pada Kriteria Produk, Optimalisasi Kinerja Organisasi Pada Kriteria Tenaga Kerja, Rutin Melakukan Riset Pasar Pada Kriteria Pemasaran Serta Peningkatan Keefektifan Proses Poduksi Dan Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku & Teknologi Secara Efektif Pada Kriteria Proses Produksi.
English Abstract
A product development can determine the success and failure of the manufacturing industry. Generally, the product development process consists of several stages, that begins with idea generation, idea filtration, concept formulation, product development, marketing test and commercialization. As performed by CV. Cita Nasional who will perform product development in the form of premium pasteurized milk focusing on improving product quality. Each of these stages will also be accompanied by various risks. Therefore, it is necessary to minimize risk through the risk analysis, and determine strategies that can minimize the risk at the product development process. The method which can be used is to analyze the risk weight by using Fuzzy AHP method. Furthermore, the data is used to formulate risk mitigation strategy using Fuzzy ANP method. The results showed the risk with the highest weight is possibility of changing consumer desires in concept formulation stages. Priority of risk minimization strategy are product variants in accordance with the wishes of consumers in product criteria, optimizing organizational performance in labor criteria, routinely conducting market research in marketing criteria, and improving the effectiveness of production processes and planning the needs of raw materials & technology effectively and the development of design in process production criteria.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2017/269/051705290 |
Uncontrolled Keywords: | CV. Cita Nasional, Fuzzy AHP, Fuzzy ANP, Mitigasi Risiko, Pengembangan Produk. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.7 Management of materials |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 06:26 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 08:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1429 |
Text
Stefani Ayunda.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |