Widodo, Dimas Dwi Setyo and Femiana Gapsari M. F., ST., MT, - and Purnami, ST., MT, - (2014) Pengaruh Jumlah Goresan Pada Coating Baja API 5L Terhadap Laju Korosi Dengan Variasi Waktu Perendaman. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Korosi adalah proses terjadinya penurunan mutu atau kualitas material akibat reaksi kimia dengan lingkungan sekitarnya. Pada umumnya korosi ini tidak dapat dicegah, kita hanya dapat berupaya mengendalikannya sehingga struktur atau komponen mempunyai masa pakai lebih panjang. Pengendalian atau perawatan terhadap korosi sangatlah penting untuk mengurangi kerugian yang ditimbulkan.Ada beberapa cara untuk mencegah korosi pada baja, salah satunya dengan penggunaan coating (pelapisan). Pengendalian korosi yang banyak dilakukan pada pipa perminyakan adalah dengan pelapisan cat. Cat berguna untuk mengisolasi material dari lingkungannya. Apabila pada material terjadi scratch (goresan) akan memicu terjadinya korosi pada logam yang telah dilindungi oleh cat. Baja API 5L sering digunakan pada konstruksi pipa perminyakan bawah laut. Lingkungan laut merupakan media yang korosif bagi baja API 5L. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan mensitetis korosi baja pada lingkungan air laut. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh banyaknya goresan dan waktu perendaman material terhadap laju korosi baja API 5L yang dilapisi cat. Metode penelitian yang digunakan untuk penghitungan dan analisi laju korosi yaitu dengan metode pengurangan berat (mass loss) dan metode elektrokimia. Penggoresan material dilakukan menggunakan mesin sekrap, dengan jumlah goresan sebanyak 1, 2, 3 dan 4 goresan. Sebelum digores material di coating(pelapisan) terlebih dahulu menggunakan cat. Komposisi cat yang digunakan yaitu Epoxy, Pigment dan Clear. Larutan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu NaCl 35%. Dengan variasi waktu perendaman dilakukan selama 24, 72 dan 144 jam. Dari hasil penelitian material yang direndam dalam larutan NaCl menunjukkan bahwa laju korosi terendah terdapat pada jumlah goresan 4 dengan waktu perendaman 144 jam dengan laju korosi sebesar 1,8312 mpy. Hal tersebut menunjukkan perbandingan pengaruh jumlah goresan terhadap laju korosi bahwa semakin banyak jumlah goresan maka laju korosi yang terjadi lebih tinggi hal ini disebabkan semakin banyak goresan maka semakin banyak pula luasan material yang tidak terlindungi oleh coating dan menyebabkan material tersebut terkorosi. Selain itu penyebab terjadinya korosi adalah adanya muatan-muatan kutub yang terbentuk antara permukaan yang digores dan permukaan yang terlapisi cat sehingga membentuk anoda dan katoda yang mengakibatkan terjadinya korosi. Sehingga semakin banyak permukaan yang digores maka semakin banyak pula muatan-muatan kutub yang yang membentuk anoda dan katoda yang mengakibatkan bertambah tingginya laju korosi. Namun kecenderungan laju korosi tersebut mempunyai nilai berbeda hal tersebut dikarenakan variasi waktu perendaman yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2014/471/051405137 |
Subjects: | 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 28 Aug 2014 11:03 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 06:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142772 |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_DAN_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI,_GAMBAR,_TABEL,_LAMPIRAN,_RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |