Azka, Ramdha Dien and Dr. Eng. Eko Siswanto, ST, MT, - and Dr. Eng. Lilis Yuliati, ST, MT., - (2014) Pengaruh Double Fuel Inlet dan Triple Wire Mesh pada Meso-scale Combustor terhadap Karakteristik Gas Buang dan Temperatur Dinding Combustor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kebutuhan akan pembangkit energi dalam skala kecil yang semakin meningkat menyebabkan berkembangnya sumber energi alternatif untuk mengganti baterai yang memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalah micro power generator, dimana meso-scale combustor adalah bagian didalamnya yang berperan paling penting. Meso-scale combustor adalah bagian yang berfungsi untuk menghasilkan energi panas yang akan dirubah menjadi energi listrik. Berdasar uraian diatas, maka diadakan tindak lanjut penelitian mengenai meso-scale combustor dengan menggunakan double fuel inlet dan triple wire mesh. Hal ini bertujuan untuk menciptakan double flame sehingga dapat meningkatkan laju pembangkitan energi setiap satuan volume pada meso-scale combustor. Meso scale-combustor yang digunakan dalam penelitian ini dibuat dari material quartz glass tube dengan ukuran diameter dalam 3.36 mm dan panjang 68 mm. Combustor memiliki dua fuel inlet yaitu primer dan sekunder. Fuel inlet primer adalah sisi masuk combustor, sedangkan untuk fuel inlet sekunder terbuat dari material keramik dengan diameter dalam 1,5 mm. Data yang diambil adalah komposisi gas buang, temperatur gas buang, dan temperatur dinding combustor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar kecepatan reaktan primer, maka pembakarannya akan semakin sempurna yang ditunjukkan dengan peningkatan kandungan CO2 dan penurunan kandungan CO, sehingga temperatur hasil pembakaran akan semakin meningkat juga. Pada peningkatan kecepatan total reaktan, maka pembakaran akan menjadi sedikit kurang sempurna, yang ditunjukkan dengan penurunan kandungan CO2 dan peningkatan kandungan CO tapi temperatur yang dihasilkan akan semakin tinggi dikarenakan jumlah kalor bahan bakar yang bisa dilepas semakin banyak. Selain itu semakin besar rasio ekuivalen total (ɸ) maka nilai temperatur api hasil pembakaran akan meningkat lalu menurun setelah melewati rasio ekuivalen total (ɸ) = 1, dimana jumlah udara dan bahan bakar sesuai dengan persamaan stoikiometri pembakaran. Hal ini dikarenakan jumlah udara yang terlalu banyak akan menurunkan temperatur, dan jumlah udara yang terlalu sedikit akan menyebabkan ada sejumlah bahan bakar yang malah tidak terbakar, selain itu juga disebabkan pembakaran paling sempurna ada di titik rasio ekuivalen total (ɸ) = 1, yakni ketika kandungan CO2 paling tinggi dan kandungan CO paling rendah. Api ganda yang tercipta juga meningkatkan heat recirculation, yaitu panas hasil pembakaran yang digunakan sebagai energi aktivasi awal pada proses pembakaran, dikarenakan dengan terbentuknya api ganda maka mesh kedua akan lebih banyak menerima panas, sehingga panas yang dialirkan kembali ke dinding combustor tempat reaktan bereaksi untuk digunakan sebagai energi pemanasan awal proses pembakaran juga akan lebih banyak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2014/467/051405133 |
Subjects: | 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 28 Aug 2014 10:59 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 04:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142767 |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_DAN_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI,_GAMBAR,_TABEL,_LAMPIRAN,_RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (6MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |