Hubungan Antara Tegangan Dan Intensitas Cahaya Pada Lampu Hemat Energi Fluorescent Jenis Sl (Soft Light) Dan Led (Light Emitting Diode)

FajriA, Ullin Dwi and Rini Nur Hasanah, Dr., ST., M.Sc, - and Unggul Wibawa, Ir., M.Sc, - (2014) Hubungan Antara Tegangan Dan Intensitas Cahaya Pada Lampu Hemat Energi Fluorescent Jenis Sl (Soft Light) Dan Led (Light Emitting Diode). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerangan merupakan salah satu pengkonsumsi energi listrik terbesar yang berkisar 20 – 25% dari total konsumsi energi listrik yang terpakai dan terus meningkat setiap tahunnya. Untuk keperluan lampu penerangan masyarakat memilih lampu yang hemat energi. Seiring dengan kebutuhan energi listrik saat ini, banyak jenis lampu yang dibuat oleh pabrik. Jenis lampu pijar dan fluorescent banyak digunakan di masyarakat untuk penerangan. Kebutuhan untuk penerangan masyarakat dapat memilih jenis lampu yang disenangi sesuai kebutuhannya, sebab jenis lampu yang beredar saat ini telah dibuat dan diproduksi dengan berbagai merk sesuai pabrik pembuatnya. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian terhadap Lampu Hemat Energi fluorescent jenis SL dan LED dengan cara mengubah-ubah sumber tegangan catu kemudian mengukur arus, sudut phasa dan luminansi serta memberi keterangan sampai di posisi tegangan mana lampu dapat bertahan. Penelitian dilakukan pada Lampu Hemat Energi fluorescent jenis SL dan Lampu LED. Untuk mendapatkan hasil perancangan yang sesuai, diperlukan adanya data baik tertulis maupun data yang didapat dari melakukan percobaan. Selain itu juga diperlukan adanya sumber buku yang mendukung agar dapat dilakukan perhitungan dan analisis. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis pada sisi teknis dan ekonomis, dapat diketahui bahwa daya sebenarnya pada lampu LED 1,4 watt dan lampu SL 2,5 watt. Untuk Lumen LED memiliki nilai lumen yang lebih tinggi yaitu 6,66 lux dan SL 3,2 lux. Efikasi cahaya LED lebih besar 295 lm/watt dibanding Lampu Hemat Energi fluorescent jenis SL yang hanya 79,6 lm/watt.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/464/051405130
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Sep 2014 10:54
Last Modified: 17 Nov 2021 04:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142764
[thumbnail of Skripsi_ULLIN_DWI_FAJRI_A.pdf]
Preview
Text
Skripsi_ULLIN_DWI_FAJRI_A.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item